GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
seksualitas pria

Disfungsi Ereksi : Pengertian, Penyebab & Cara Mengatasi Secara Alami

dr. Flora F.-10 Mei 2022
disfungsiereksidiricare

Disfungsi ereksi merupakan kondisi di mana seorang pria tidak bisa memulai atau mempertahankan ereksi. Pria yang mengalami kondisi ini biasanya berusia lanjut, memiliki penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi, riwayat cedera saraf pada tulang belakang, penis, atau panggul, konsumsi obat antidepresan atau obat darah tinggi, memiliki gangguan cemas atau stres, kelebihan berat badan, atau memiliki kebiasaan merokok.


Disfungsi ereksi dapat menurunkan kepercayaan diri seorang pria, mengganggu kualitas hidup, menjadi sulit memiliki keturunan, serta mengganggu hubungan dengan pasangan.


Cara mengatasi disfungsi ereksi secara alami, seperti perubahan gaya hidup dan konseling, yang dapat kamu lakukan di antaranya:


Makan makanan seimbang


Kurangi konsumsi daging merah dan perbanyak makan buah, sayur, ikan, dan kacang-kacangan dapat menjaga fungsi seksual dan menurunkan risiko disfungsi ereksi.


Olahraga


Apabila disfungsi ereksi disebabkan oleh obesitas atau penyakit kardiovaskular, olahraga dapat melindungi seorang pria dari masalah ini. Aktivitas fisik dapat menjaga kesehatan pembuluh darah, menurunkan stres, dan meningkatkan kadar testosteron. Olahraga aerobik dengan frekuensi 4 kali seminggu, selama 40 menit sehari, dan dilakukan selama 6 bulan dapat mengurangi disfungsi ereksi. Kamu juga dapat melakukan olahraga seperti berlari, berenang, bersepeda, dan lain-lain.


Tidur cukup dan rutin


Kurang tidur dapat menurunkan produksi testosteron. Beberapa penelitian menemukan bahwa pria yang kurang tidur memiliki risiko mengalami disfungsi ereksi yang lebih besar dibandingkan pria yang cukup tidur. Selain itu kurang tidur juga memiliki hubungan dengan terjadinya penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi.


Mengurangi berat badan


Berat badan di atas normal, obesitas, atau lingkar pinggang di atas normal dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi. Olahraga dan diet seimbang membantu menurunkan berat badan sehingga membantu penyembuhan disfungsi ereksi.


Konseling / Psikoterapi


Disfungsi ereksi merupakan masalah fisik dan psikologis. Beberapa faktor psikologis yang dapat memicu disfungsi ereksi di antaranya: takut gagal, kepercayaan agama, trauma seksual, dan lain-lain.


Sebaliknya disfungsi ereksi berkontribusi terhadap masalah mental misalnya kepercayaan diri menurun dan stress emosional, sehingga dapat memperburuk penyakit ini.


Intervensi seperti terapi perilaku kognitif akan sangat membantu disfungsi ereksi apabila dikombinasikan dengan medikasi. Konseling bersama pasangan juga dianjurkan agar bisa mendapatkan edukasi dan terapi seks bersama-sama.


Mengurangi stres


Beberapa penelitian menemukan bahwa stres kronis akan menyebabkan kurang tidur dan menurunkan produksi testosteron, sehingga mengontrol stress dapat memperbaiki masalah disfungsi ereksi.


Mengurangi konsumsi alkohol


Konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya disfungsi ereksi, sehingga dianjurkan untuk mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol.


Menghindari rokok


Rokok merusak pembuluh darah sehingga penis tidak bisa mendapatkan darah yang cukup dan tidak bisa ereksi. Merokok juga mengurangi kadar nitrogen monoksida dalam tubuh, padahal zat ini dibutuhkan untuk relaksasi otot involunter, meningkatkan aliran darah, dan berkontribusi terhadap ereksi.


Berhenti merokok tidak hanya membantu penyembuhan disfungsi ereksi, namun juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


Konsultasi dengan dokter


Perubahan gaya hidup dapat memperbaiki disfungsi ereksi, namun butuh waktu cukup panjang untuk merasakan efeknya. Pada beberapa kasus, penyakit ini mungkin membutuhkan obat-obatan yang diresepkan dokter, tergantung dari penyebabnya. Sebaiknya diskusikan dengan dokter untuk menemukan terapi yang terbaik untuk dirimu.


Kamu juga dapat melakukan konseling psikoterapi dengan dokter apabila memiliki masalah emosi atau psikologis sehubungan dengan disfungsi ereksi. Dianjurkan untuk melakukan konseling bersama dengan pasanganmu untuk mencapai kesepakatan dalam pemilihan terapi dari dokter.


Di Diri, kamu bisa leluasa berkonsultasi online dengan tim dokter Diri di manapun kamu berada. Tak hanya itu, kamu pun bisa mendapat resep dan produk kesehatan yang teruji klinis serta dipersonalisasi sesuai kebutuhanmu. Semua akan diantarkan langsung ke rumahmu tanpa perlu ribet. Jadi tunggu apa lagi? Langsung mulai konsultasimu di Diri sekarang!

Tag:
disfungsi ereksi
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.