GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

8 Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami dan Permanen

Ditinjau oleh: dr. Elita-26 Agt 2022
mengencangkan kulit wajah secara alami

Kulit yang tak lagi kencang dikenali sebagai penanda usia. Ketika usia semakin bertambah, produksi kolagen dan elastin yang berperan pada kekencangan tekstur kulit menurun. Faktor lain juga bisa menyebabkan kulit kendur. Diantaranya seperti mengalami sakit, berat badan turun secara signifikan, sering terpapar matahari, dan kehamilan. Untuk mengatasi keluhan yang membikin tak percaya diri ini, bisa dengan treatment dari ahli kecantikan, mengubah kebiasaan sehari-hari sebagai langkah pencegahan, serta mempraktikkan cara mengencangkan kulit wajah secara alami dan permanen berdasarkan rekomendasi berikut ini.


1. Rutin memijat wajah dengan minyak alami

Memijat area kulit yang kendur, bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan respons anti penuaan pada kulit. Sebuah penelitian dilakukan tahun 2017 yang diterbitkan di PLOS One menunjukkan bahwa rutin pijat kulit dengan tangan dapat memperkuat efek positif dari krim. Cara mengencangkan kulit wajah kendur rekomendasi pertama ini, bisa dilengkapi dengan minyak alami pilihan agar kulit lebih licin dan tak terluka. Selain itu, minyak kandungan tertentu dapat bermanfaat membuat kulit lebih fresh. Salah satu minyak alami yang mudah didapat dan bisa diaplikasikan untuk berbagai manfaat ialah virgin coconut oil atau minyak kelapa. Memijat area kulit yang kendur dengan minyak kelapa, bisa dilakukan setiap hari sebelum tidur. Caranya, pijat dan oleskan minyak pada kulit dengan gerakan memutar selama 5-10 menit. Setelah dipijat, biarkan virgin coconut oil menempel semalaman dan bilas bersih keesokan harinya. Mengencangkan kulit wajah menggunakan minyak alami, tidak selalu cocok bagi setiap jenis kulit. Terutama buat kamu dengan tipe kulit berminyak. Oleh karena itu, cara mengencangkan kulit wajah berminyak bisa memilih langkah lain yang sesuai.


2. Memanfaatkan gel aloe vera

Sejumlah penelitian membuktikan manfaat aloe vera atau lidah buaya, baik dimanfaatkan secara oral maupun topikal. Untuk pemanfaatan gel lidah buaya secara oral atau dengan suplemen siap diminum, efeknya pada kulit akan terlihat setelah mengonsumsi selama 90 hari. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Dermatology, peneliti mengukur efek dari konsumsi suplemen aloe vera dengan dosis 1.200 miligram dan 3.600 miligram yang diminum oleh wanita usia 45 tahun dalam kondisi sehat. Hasil penelitian ini menunjukkan produksi kolagen meningkat.

Sedangkan penelitian pemakaian gel lidah buaya secara topikal, efeknya bersifat relatif. Untuk memakainya, Anda bisa mengambil gel lidah buaya dari daunnya. Lakukan uji tempel dahulu untuk mengantisipasi alergi terhadap lidah buaya. Jika kulit kemerahan atau mengalami reaksi tertentu, hentikan penggunaan gel. Setelah mengetahui gel aman digunakan untuk kulitmu, bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya. Oleskan tipis pada kulit wajahmu, biarkan selama 5-10 menit, dan bilas dengan air dingin kemudian keringkan dengan lembut.


3. Konsumsi makanan mengandung kolagen

Setelah berat badan turun banyak atau setelah melahirkan, kulit bagian tertentu akan mengendur. Tak hanya pada bagian perut dan lengan, bagian wajah terutama pipi juga tak lagi kencang. Rekomendasi cara mengencangkan kulit wajah secara alami dan permanen selanjutnya, bisa dilakukan oleh pria dan wanita. Langkahnya ialah mencukupi kebutuhan kolagen yang berfungsi meningkatkan elastisitas kulit. Karena kolagen kulit tak lagi banyak diproduksi secara alami, cara mengencangkan kulit wajah bisa dilakukan dengan konsumsi suplemen kolagen alami yang bisa dibeli di toko obat. Selain itu, kaldu tulang juga dapat dikonsumsi. Alternatif kedua ini lebih memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.


4. Cukup minum air mineral

Nutrisi penting untuk membantu produksi kolagen dan komponen dari kulit sehat. Nutrisi yang dibutuhkan antara lain protein, asam amino, vitamin C, dan asam lemak omega 3. Di samping nutrisi dan vitamin tersebut, cukup minum air mineral juga dapat meningkatkan penampilan kulit. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang meningkatkan asupan air harian mengalami peningkatan dalam hidrasi kulit.


5. Rutin minum teh hijau

Teh hijau banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Lebih menguntungkan lagi apabila kamu konsumsi teh hijau secara rutin, bahan alami ini bisa membantu menjaga kulit wajah tetap segar. Tertarik mencoba kebiasaan ini sebagai cara mengencangkan kulit wajah yang kendur? Perlu kamu ketahui, bahwa teh hijau membantu detoksifikasi kulit. Teh ini kaya akan antioksidan yang meningkatkan produksi kolagen secara alami. Dengan begitu, kamu bisa membiasakan minum teh hijau agar menyerap manfaatnya pada kulit.


6. Mengatur pola makan yang sehat

Seperti yang telah diungkapkan pada paragraf pembuka, bahwa cara mengencangkan kulit wajah yang berlaku untuk pria dan wanita, bisa dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan yang perlu diubah adalah mengatur pola makan. Tips pertama, konsumsi makanan berprotein tanpa lemak seperti ayam, ikan, telur, daging merah, dan kacang-kacangan. Protein, membantu tubuh membangun otot tanpa lemak, kolagen, dan elastin. Dalam waktu tertentu, kamu bisa mendapatkan kulit yang kencang dan anti penuaan dini. Selain konsumsi makanan berprotein, perbanyak makan buah dan sayuran. Ini akan membantu kulitmu tetap kencang dan memberikan nutrisi yang kaya akan antioksidan. Buah yang direkomendasikan untuk mengencangkan kulit, antara lain buah beri, mangga, pisang, dan jeruk bali. Sedangkan sayuran, termasuk mentimun, wortel, tomat, dan alpukat.


7. Yoga wajah

Telah sejak dahulu kala, yoga dipercaya sebagai aktivitas yang baik untuk tubuh serta mental. Secara spesifik, yoga terdapat berbagai macam jenis gerakan. Umumnya disesuaikan dengan keluhan. Nah, apabila kamu punya keluhan kulit wajah yang kendur, bisa mengambil cara sederhana ini. Yaitu dengan rutin melakukan yoga wajah setiap pagi hari setelah bangun tidur. Gerakan-gerakan yoga, dilakukan untuk mengaktifkan otot-otot, meningkatkan aliran darah, dan getah bening. Dengan sirkulasi darah yang baik, efeknya akan positif pada kulit. Di antaranya dapat membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan segar.


8. Berjemur pada pagi hari

Hangatnya matahari pagi dapat memicu tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami. Vitamin D punya peran besar dalam proses pertumbuhan dan regenerasi sel-sel kulit mati. Secara langsung, ini akan berefek pada penampilan kulit. Dengan rutin berjemur matahari pagi, kamu bisa menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan bercahaya. Itulah cara mengencangkan kulit wajah secara alami dan permanen. Namun, kamu perlu bijak dalam menyikapi rekomendasi di atas ya! Pasalnya, kebiasaan dan perawatan dengan bahan alami perlu kesabaran serta waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan manfaat yang diharapkan. Nah, rekomendasi terbaik buat kamu, konsultasikan masalah kulitmu di klinik Diri. Di klinik ini, prosesmu dalam merawat kulit akan didampingi tim ahli dan dokter kulit berpengalaman. Kalau keluhanmu tentang kulit yang kendur atau muncul tanda-tanda penuaan pada kulit, jangan enggan menggali lebih banyak informasi tentang perawatan Anti Aging Skin Goals.


 Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/loose-skin-after-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_5

https://www.stylecraze.com/articles/effective-home-remedies-for-skin-tightening/

https://www.healthshots.com/beauty/skin-care/9-natural-ingredients-for-skin-tightening/


Tag:
penuaan dini
keriput
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.