GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Cara Menghilangkan Kulit Mengelupas dengan Cepat, Lakukan 7 Perawatan Ini di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-11 Jan 2023
Menghilangkan Kulit Mengelupas dengan Cepat Diricare

Kulit wajah merupakan sebagian kecil dari organ paling besar di seluruh tubuh. Bagian kulit tersebut memang kecil tetapi memiliki peran signifikan dalam kehidupan. Disamping berkaitan dengan penampilan, kulit wajah berfungsi untuk melindungi kerja tubuh, mencegah kehilangan protein dan cairan, memperbaiki cedera, dan mengatur suhu tubuh. Karena fungsinya tersebut, apabila mengalami gangguan tentu perlu diberikan perawatan spesifik. Seperti ketika mengelupas, maka perlu mencari cara menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat agar fungsinya kembali normal.  


Kulit wajah mengelupas, bisa dipicu sejumlah faktor. Baik faktor internal atau kondisi tubuh maupun kondisi eksternal, seperti cuaca dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor internal yang jadi penyebab kulit mengelupas, berikut penjelasan lengkapnya.


Penyebab kulit mengelupas

Pada bagian manapun kulit yang mengelupas, hampir tidak ada yang menyukai kondisi ini. Apalagi kulit wajah yang ketika kamu hadir di tengah orang, langsung mencuri perhatian. Sebelum mencari cara untuk mengatasi atau menghilangkan kulit mengelupas, kamu perlu tahu apa yang mungkin menyebabkan kulitmu mengelupas.


1. Kulit kering

Kulit berfungsi melindungi cairan tubuh, tetapi kulit juga bisa menjadi kering karena kehilangan minyak alaminya. Minyak alami kulit hilang bisa dipicu faktor cuaca, lingkungan dengan kelembapan rendah, dan enggak cocok dengan produk perawatan yang dipakai. 


2. Terpapar matahari

Seperti yang kita tahu, matahari adalah sumber kehidupan. Namun kamu perlu memahami bahwa terpapar matahari saat beraktivitas di siang terik bisa memicu kulitmu terkelupas. Gejala pertama yang mungkin dialami ialah kulit memerah. Lalu karena mekanisme perbaikan tubuh dirancang untuk melepaskan sel-sel kulit mati, maka otomatis kulit akan mengelupas. Tujuannya untuk meremajakan lapisan atas kulit atau lapisan epidermis. Nah, agar tujuan baik ini tak mengganggu kondisi tubuh dan penampilanmu, pakai pelindung yang tepat untuk kulitmu ya.


Kulit mengelupas membuat kulitmu bertekstur tak rata. Apabila disebabkan oleh paparan matahari, kamu perlu coba pelindung kulit muka paling efektif dari Diri CareCustom Sunscreen mengandung niacinamide yang diformulasikan secara khusus oleh para ahli dan Custom Moisturizer dapat melindungi dari paparan matahari sekaligus menjaga kulit tetap lembap.


3. Eksim

Ketika kulit mengelupas disertai perubahan warna jadi memerah diikuti rasa gatal, mungkin kamu mengalami eksim. Untuk diagnosa secara klinis, kamu perlu memeriksakan diri ke dermatologis agar mengetahui pasti gejala eksim. Menurut dokter Rita Linkner, MD., dematologis di New York City, eksim disebabkan kecenderungan genetika yang mana kulit tak bisa memperbaiki dirinya sendiri dengan benar. Kulit tak bisa memproduki ceramide yang berfungsi menyatukan sel-sel kulit. Ini bisa jadi salah satu penyebab kulit mengelupas.


4. Memakai produk skincare yang salah

Sebelum kamu memilih produk skincare, baiknya mengetahui betul apa yang dibutuhkan kulit dan kandungan apa yang tidak cocok bekerja pada kulitmu. Ketika kamu berkonsultasi dahulu atau mencari informasi akurat mengenai skincare yang kamu pilih, maka risiko memakai produk skincare yang membuat kulit mengelupas lebih kecil. Selain mengetahui produk, kamu juga perlu mengenali karakter kulitmu.


5. Psoriasis

Berdasarkan data yang tercatat secara global, terdapat tiga persen populasi yang mengalami psoriasis. Gejala psoriasis antara lain muncul plak keperakan yang umumnya di lutut dan siku. Tetapi bukan tidak mungkin dialami pada kulit wajah. Seseorang yang mengalami psoriasis, tidak hanya terkelupas kulitnya tetapi juga merasakan gatal. Setelah diagnosa klinis, dokter akan memberikan resep topikal apabila tak mereda meskipun dioleskan pelembap.


6. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan respons kulit ketika terkena kandungan alergen. Kandungan yang menyebabkan alergi tersebut, hendaknya diketahui dan dihindari pemakaiannya. Umumnya setelah mengalami respons alergi, akan muncul ruam dan kulit mengelupas.


Beberapa diantara penyebab kulit mengelupas bisa diatasi di rumah. Tetapi apabila mengalami kondisi klinis tertentu, seperti pada eksim, psoriasis, dan dermatitis kontak membutuhkan konsultasi pada dermatologis. Nah, cara menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat dan bisa dilakukan di rumah, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini.


Cara menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat

Kulit mengelupas seringkali dianggap karena terlalu kering. Apabila mengalami ini, kamu bisa mengatasinya dengan memberikan pelembap yang cocok dengan kulitmu. Dokter Joshua Zeichner, dermatologis yang berbasis di New York City, merekomendasikan untuk memberikan pelembap dengan asam hialuronat yang bermanfaat membantu menghidrasi kulit. Kamu juga perlu memastikan untuk minum cukup air mineral untuk mendukung hidrasi pada kulit dari dalam. Disamping itu, kamu bisa mengambil langkah dengan melakukan cara berikut ini untuk menghilangkan kulit mengelupas.


1. Kurangi frekuensi cuci muka

Mencuci muka direkomendasikan tak lebih dari dua kali sehari, pada pagi dan sebelum tidur atau usai beraktivitas. Tetapi jika kamu mencuci muka lebih dari frekuensi yang direkomendasikan, maka bisa membuat kulitmu kering dan mengelupas. Dengan mengurangi frekuensi cuci muka, bisa mencegah kulit mengelupas tambah parah.


2. Mencuci wajah dengan sampo anti-ketombe

Menurut Zeichner, pada kondisi dermatitis perioral yang disebabkan karena jamur kulit, dimana kulit kering dan mengelupas di sekitar mulut, bisa dihilangkan dengan mencuci muka memakai sampo anti-ketombe. Terang Zeichner, pelembap bisa menyebabkan dermatitis perioral tambah buruk karena lingkungan yang lembap mendorong pertumbuhan jamur kulit. Jadi, sarannya gunakan produk yang mengandung zinc pyrithione. Kandungan tersebut bisa menurunkan kadar jamur, mengurangi peradangan, dan pengelupasan.


3. Hindari gonta-ganti produk skincare

Jika mengalami pengelupasan setelah ganti produk skincare, terutama yang bersifat eksfoliating, ini adalah hal yang normal. Namun jika pengelupasan disertai dengan ruam kemerahan, gatal, seperti iritasi, kemungkinan kamu mengalami dermatitis kontak. Kandungan yang paling umum menyebabkan hal ini adalah retinoid dan asam hidroksi. Selain itu, skincare yang mengandung pengawet dan pewangi rawan membuat kulit alergi. Oleh karena itu, hindari gonta-ganti produk skincare. Apabila ingin mengganti produk, usahakan konsultasi pada ahlinya ya.


4. Oleskan pelembap setelah cuci muka

Buat kamu yang memiliki kulit tipe normal, berminyak, dan kombinasi, perlu memakai pelembap setelah cuci muka. Tujuannya untuk mencegah kulit kering yang memicu terkelupas. Usahakan mengenakan pelembap berbahan ringan berbasis air untuk menjaga kulit tetap lembap.


5. Lakukan eksfoliasi dengan cara yang benar

Untuk menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat, bisa dengan melakukan eksfoliasi. Tetapi ketika melakukan pengelupasan, perlu dilakukan secara benar ya. Jika kulitmu mengelupas, hindari produk eksfoliasi yang mengandung asam alfa hidroksi, alkohol, atau parfum.


6. Seka dengan waslap dan air hangat

Mengeropek kulit mengelupas bisa berisiko berdarah bahkan mengalami iritasi. Untuk menghindari lebih parah tetapi bisa menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat, kamu bisa melakukan cara sederhana. Siapkan air hangat dan celupkan waslap ke dalamnya. Kemudian seka kulit dengan waslap hangat. Cara ini bisa membantu mengangkat kulit yang mengelupas dengan cara yang lembut.


7. Mengaplikasikan gel aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya, gel-nya bersifat anti-inflamasi yang bisa membantumu menghilangkan kulit mengelupas. Kamu bisa mendapatkan gel lidah buaya dari daunnya langsung kemudian mengaplikasikannya pada kulit yang mengelupas. Cara ini dapat membantu penyembuhan kulit dan menjaganya tetap lembap.


Itulah cara menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat. Sebelum melakukan langkah di atas untuk merawat kulit mengelupas, kamu harus tahu betul penyebabnya ya. Karena setiap penyebab perlu diperlakukan secara berbeda. Nah, untuk mendapatkan rekomendasi klinis, kamu bisa berkonsultasi tentang masalah kulit yang mengelupas di DiriCare.

 

 

Referensi:

https://www.womenshealthmag.com/beauty/a26856300/6-ways-to-get-rid-of-dry-peeling-skin-fast/

https://www.byrdie.com/how-to-get-rid-of-dead-skin-on-face-4774879

https://www.healthline.com/health/peeling-skin-on-face

banner-artikel
Tag:
eksfoliasi
tekstur kulit
pengelupasan kulit
solusi
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.