GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

8 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dalam 1 Malam, Tertarik Coba?

Ditinjau oleh: dr. Flora F.-13 Jun 2022
Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat diricare

Bagi sebagian besar orang, bekas jerawat kerap dianggap mengganggu penampilan. Karena membuat warna kulit menjadi tidak merata, so pasti kamu membutuhkan trik khusus untuk menutupinya. Seperti menerapkan langkah instan dengan mempertebal riasan dan mengaplikasikan concealer untuk menutupinya. Namun sebenarnya, kamu bisa mengikuti panduan cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 malam berikut. Sebelum mencobanya, simak terlebih dahulu penjelasan lengkap di bawah ini ya.


Penyebab noda hitam bekas jerawat

Pada umumnya, noda hitam yang muncul pada kulit wajah dialami oleh orang dengan warna kulit sedang hingga gelap. Penyebab noda hitam tersebut dikarenakan oleh produksi melanin berlebih atau dikenal sebagai proses hiperpigmentasi yang terjadi pada bekas jerawat, eksim, psoriasis, ataupun gigitan serangga. Mengutip American Academy of Dermatology Association, hiperpigmentasi pada bekas jerawat dapat memudar dengan sendirinya. Namun untuk memulihkannya tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.


Biasanya bintik hitam tersebut akan menghilang selama 6-12 bulan. Lantas, mungkinkah kamu bisa menghilangkan bekas jerawat yang berwarna gelap dalam waktu cepat? Penting untuk kamu ketahui, bahwa mengatasi bekas jerawat tidak sesederhana yang dibayangkan. Pasalnya, kamu perlu memastikan jerawatnya sembuh terlebih dahulu. Setelah berhasil memastikan kesembuhan tersebut, cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat pada penjelasan di bawah ini, bisa kamu terapkan.


Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat

Menghilangkan bekas jerawat, terutama dengan noda hitam, membutuhkan perawatan khusus. Kamu juga perlu mengidentifikasi jenis kulitmu agar tak menimbulkan masalah baru pada kulit wajah. Terutama bagi yang memiliki kulit sensitif dan sering mengalami breakout, kamu perlu berkonsultasi pada dokter kulit sebelum mengambil langkah mandiri untuk mengatasi bekas jerawatmu.


Nah, buat kamu yang ingin mencoba cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 malam atau mengatasi warna kulit tak merata dengan langkah cepat dan tepat, berikut yang bisa kamu lakukan.


1. Mengobati jerawat lebih awal

Ketika tonjolan jerawat mulai menyembul, kamu perlu sesegera mungkin untuk mengobatinya. Menurut studi ilmiah, dengan mengatasi jerawat sejak mulai tumbuh bisa mencegah bintik-bintik berisi protein ini bertambah parah. Ini berarti semakin parah jerawat, maka semakin berpotensi menyebabkan noda bekas jerawat.


2. Pakai obat jerawat sesuai jenis kulit

Seberapa efektif cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 malam, kamu tetap perlu mengenali jenis kulitmu. Obat jerawat pada jenis kulit normal, berminyak, kombinasi, dan sensitif akan diformulasikan secara beda. Misalnya, produk yang mengandung benzoil peroksida berisiko menyebabkan kulit kering dan mengelupas. Bahkan jika komposisinya tak pas, bisa memicu iritasi pada kulit. Oleh karena itu, untuk mengatasi jerawat penting untuk mengkonsultasikannya pada dokter kulit terlebih dahulu.


3. Jangan memencet jerawat

Seperti yang dijelaskan di atas, penyebab noda hitam bekas jerawat adalah produksi melanin berlebih. Kondisi ini dipicu inflamasi atau peradangan pada jerawat. Kalau jerawat yang meradang dipencet, akan menimbulkan luka bahkan berisiko iritasi. Lesi jerawat tersebut bisa memicu pigmentasi berlebih, berwarna lebih gelap, dan tekstur kulit tidak rata.


4. Ubah kebiasaan buruk yang memicu munculnya jerawat

Jerawat yang muncul pada dahi dan pelipis, kemungkinan besar karena rambut kotor sehingga menginfeksi kulit dan tumbuhlah jerawat. Nah, untuk mengatasinya, cuci rambut secara rutin agar tak mengundang jerawat tumbuh. Selain itu, jepit rambut agar kulit tidak tertutup rambut dan berminyak. Atau kamu bisa membuat perubahan kecil, misalnya menghindari gaya rambut yang jatuh ke kulit wajah.


5. Gunakan produk perawatan yang tidak menyumbat pori-pori kulit

Produk perawatan kulit yang mengandung minyak berkontribusi menyumbat pori-pori. Maka, kamu perlu menghindari memakai produk yang bisa memicu munculnya jerawat. Jikapun memakainya, perlu membersihkan wajah setelah beraktivitas atau sebelum tidur.


6. Hindari memakai riasan tebal untuk menutupi noda hitam bekas jerawat

Jika kamu memilih menutupi noda hitam bekas jerawat dengan riasan tebal, cobalah pertimbangkan lagi. Cara ini justru menyebabkan munculnya noda hitam baru karena pori-pori tertutup semakin rapat dan kulit tak bisa bernapas. Jadi hindari memakai riasan tebal untuk menyamarkan bekas jerawat secara instan.  


7. Merawat kulit dengan tepat

Terdapat banyak faktor yang memicu munculnya jerawat, salah satunya sering luput membersihkan wajah. Setelah beraktivitas seharian baik di dalam maupun luar ruangan, kamu wajib membersihkan debu, kotoran, dan sisa makeup yang menempel pada kulit. Pilih pembersih kulit yang tepat, ya! Sebab dengan memilih produk perawatan yang sesuai, kamu tetap bisa menjaga kelembutan alami kulitmu.


8. Memanfaatkan bahan alami

Produk berbahan alami, menurut penelitian sistematis yang dilakukan dalam lingkup terbatas, dapat membantu mengatasi noda hitam bekas jerawat. Dilansir Medical News Today, studi kecil yang dipublikasikan dalam The Journal Clinical and Aesthetic Dermatology, menunjukkan potensi ekstrak licorice dan murbei untuk menghilangkan bintik hitam pada kulit.


Bahan alami lainnya yang populer dipakai menghilangkan noda hitam bekas jerawat, antara lain madu, gel lidah buaya, minyak biji rosehip, dan minyak habbatussauda. Tetapi pengobatan alami di rumah, meskipun dengan bahan alami efektivitasnya tak terkontrol. Misalnya, banyak yang menganggap sari lemon dan cuka apel efektif sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Anggapan tersebut tidak didukung bukti yang akurat dan menyeluruh. Bahkan, pengobatan tanpa pantauan ahli bisa menimbulkan efek samping yang tidak diharapkan.


Delapan cara di atas, bisa dipertimbangkan untuk mengatasi noda hitam pada kulit yang mengganggu penampilanmu. Perlu juga dipahami bahwa menghilangkan noda hitam bekas jerawat perlu dimulai dengan merawat kulit dengan baik dan menjalankan pola hidup sehat. Informasi mengenai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 malam mungkin memang banyak Anda temukan di internet. Namun, memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat.


Diri Care hadir sebagai klinik kesehatan dan kecantikan online yang dapat membantumu merawat diri dengan mudah. Melalui platform ini, segala kebutuhan perawatan diri Anda akan terpenuhi dengan beragam pelayanan yang lengkap mulai dari konsultasi, diagnosa, pengiriman obat atau produk, hingga dapat menjalin komunikasi berkelanjutan dengan tim klinis secara intensif. Melalui Diri Care, Anda langsung ditangani oleh tim dokter dan klinis berpengalaman yang siap memberikan solusi tepat untuk setiap kebutuhan kesehatan kulit Anda.


Referensi:

https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/fade-dark-spots

https://www.aad.org/public/diseases/acne/diy/skin-color

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833#home-remedies-to-avoid

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/natural-products-for-acne-scars#1.-Black-Seed-Oil

Tag:
noda hitam
flek hitam
bekas jerawat
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.