GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Langkah-Langkah Memilih Sunscreen Khusus Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-30 Jul 2022
 Memilih Sunscreen Khusus Kulit Berminyak Diricare

Terkadang pemakaian sunscreen terasa kurang nyaman di kulit berminyak dan berjerawat. Sunscreen kerap meninggalkan kesan lengket, berat, dan berminyak pada kulit. Meski rasanya tak nyaman, tapi memakai sunscreen setiap hari menjadi sebuah keharusan. Supaya kamu bisa enjoy memakai sunscreen, berikut cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat.



Mengapa Memakai Sunscreen Itu Penting?

Banyak orang tidak jarang dihinggapi rasa malas ketika mengaplikasikan sunscreen di kulit mereka. Apalagi orang dengan kulit berminyak dan berjerawat sering kali menghindari pemakaian sunscreen karena rasanya kurang nyaman.

Namun, ternyata pemakaian sunscreen sangat penting untuk kesehatan kulit jangka panjang. Gelombang UV pada sinar matahari bisa merusak jaringan kulit secara perlahan.


Tanda-tanda kulit yang sudah rusak akibat terlalu sering terkena paparan UV adalah kulit bertambah gelap, kering, mengelupas, muncul flek hitam, keriput, tambah kendur, dan yang terparah bisa memicu kanker kulit.


Kulit memang memiliki sistem pertahanan untuk menangkal gelombang UV agar tidak merusak jaringan kulit. Caranya dengan memproduksi zat pigmen yang disebut melanin. Meski begitu, kulit tetap membutuhkan bantuan sunscreen yang bekerja sebagai tameng agar bisa menangkal dan mengurangi dampak jahat gelombang UV terhadap kesehatan kulit.


Mengetahui Arti Angka SPF dan PA pada Produk Sunscreen

Sebelum membeli produk tabir surya, alangkah lebih baik kamu ketahui dulu makna angka SPF dan PA yang tertera di setiap label produk sunscreen. Supaya kamu tidak salah saat memilih sunscreen.


1. SPF

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. Angka pada SPF menerangkan ukuran kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari UV B, yakni sinar ultraviolet dengan gelombang pendek yang bisa menyebabkan sunburn.

Semakin besar angka SPF, sunscreen bisa memberikan perlindungan dalam waktu yang lebih lama. Dalam penggunaan sunscreen sehari-hari, kamu bisa memilih SPF 30 sampai SPF 50.


2. PA

Sedangkan PA adalah singkatan dari Protection Grade of UVA. Sama seperti namanya, PA adalah ukuran kemampuan sunscreen menangkal UV A atau sinar ultraviolet dengan pita gelombang lebih panjang dari UV B. Bisa menembus jaringan terdalam kulit sehingga menimbulkan kerusakan kulit yang lebih parah seperti kanker kulit.


Produk sunscreen yang tersebar di pasaran, PA memiliki tiga level yang tertera dengan simbol plus, yaitu PA+, PA++, dan PA+++. Semakin banyak tanda plus, proteksi sunscreen semakin kuat.


PA+ cocok digunakan ketika sedang melakukan kegiatan di dalam ruangan dengan intensitas UV A yang kecil dan proteksi sunscreen bisa bertahan hingga empat jam.


Lalu, untuk sunscreen PA++ bisa menangkal UV A dalam level medium dan mampu bertahan selama delapan jam. Sementara PA+++ menjadi yang paling kuat, cocok untuk aktivitas outdoor dengan daya ketahanan selama 12 jam.


Cara Memilih Sunscreen Bagi Kulit Berminyak dan Berjerawat

Memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat terbilang cukup tricky. Maka, kamu harus pandai dalam memilih produk sunscreen. Jangan sampai kulit wajah terjadi iritasi dan pori-pori tersumbat akibat mengaplikasikan sunscreen yang salah.


1. Pilih Sunscreen yang Tidak Menyumbat Pori

Pada saat membeli sunscreen, selalu baca komposisi yang terkandung di dalamnya. Hindari bahan yang berpotensi menyumbat pori-pori, meliputi silicon, aminobenzoic, benzophenones, mineral oil, dan beeswax yang sering terdapat di waterproof sunscreen. Maka, pilihlah sunscreen dengan klaim non-comedogenic di kemasannya dan kurangi pemakaian waterproof sunscreen.


2. Sunscreen Bebas Alkohol

Masih cukup banyak produk sunscreen yang memasukkan alkohol di dalamnya. Alkohol bisa membuat sunscreen jadi tidak terlalu lengket dan mudah menyerap ke dalam kulit. Sayangnya, alkohol tidak cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sebab dapat memicu pori-pori mengeluarkan lebih banyak sebum yang tidak jarang berakhir dengan tumbuhnya jerawat.


3. Sunscreen Oil-Free

Jenis sunscreen yang tepat bagi kulit berminyak dan berjerawat adalah yang tidak meninggalkan kesan lengket dan berminyak. Kamu bisa memilih sunscreen berlabel oil-free yang mengandung zinc oxide atau octinoxate. Keduanya bisa membantu kulit mengontrol sebum, mengurangi inflamasi, dan mempertahankan kulit agar tidak terlalu berminyak.


4. Sunscreen Berbahan Dasar Air

Kulit berminyak dan berjerawat lebih baik memakai segala jenis produk skincare berbahan dasar air, tak terkecuali sunscreen. Carilah sunscreen berbahan dasar air yang bisa kamu lihat berdasarkan urutan pada komposisinya. Pastikan urutan pertama pada daftar komposisinya adalah air. Gunanya agar pori-pori kulit bisa bernafas dan tidak tersumbat.


5. Konsistensi Sunscreen yang Ringan

Salah satu kiat merawat kulit berminyak dan berjerawat agar tetap sehat adalah dengan menjaga pori-pori tidak tersumbat. Cara mudahnya dengan tidak mengaplikasikan sunscreen terlalu banyak. Selain itu, pilihlah sunscreen yang teksturnya ringan seperti sunscreen gel dan water-based sunscreen. Batasi penggunaan cream-based sunscreen karena sangat mudah menyumbat pori-pori.


Demikian lima cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selalu rawat dan jaga kesehatan kulitmu dengan memakai sunscreen setiap hari meski hanya berada di dalam ruangan. Diricare menyediakan berbagai produk perawatan kulit mulai dari sunscreen hingga obat minum yang berada di bawah pengawasan dokter berpengalaman. Optimalkan cantiknya kulit wajahmu dan mulai konsultasi gratis di sini.


Referensi:

https://mahoneydermatology.com/5-important-reasons-to-wear-sunscreen-daily/

https://uihc.org/health-topics/what-difference-between-uva-and-uvb-rays

https://www.vinmec.com/en/news/health-news/how-to-choose-sunscreen-for-oily-skin/

https://www.watsons.co.id/blog/en/skincare-tips/choose-sunscreen-oily-skin

Tag:
sunscreen
sunblock
kulit berminyak
tips
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.