GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

17 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah, Cepat, dan Alami

dr. Flora F.-22 Okt 2022
menghilangkan jerawat diricare.com

Jerawat sebetulnya bukan penyakit kulit yang berbahaya. Jerawat menjadi kekhawatiran bila kamu menjadi kurang percaya diri atau menghambatmu dalam bekerja. Setiap orang memiliki kondisi kulit yang unik sehingga cara mengatasi jerawat juga berbeda-beda. Namun ada beberapa hal yang secara umum dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat.


1. Gunakan sabun cuci muka yang tepat

Kandungan dalam sabun cuci muka perlu diperhatikan. Apabila kulitmu berminyak, pakailah sabun yang mengandung salicylic acid dan benzoyl peroxide. Sedangkan untuk kulit sensitif, gunakan skincare yang mengandung lactic acid.

Cucilah wajahmu menggunakan sabun maksimal dua kali sehari. Dapat ditambahkan satu kali lagi setelah wajah berkeringat atau terpapar debu.


2. Jangan melakukan eksfoliasi berlebihan

Hindari penggunaan cleanser dengan scrub yang terlalu kasar atau penggunaan produk eksfoliasi hingga beberapa lapis. Over-eksfoliasi akan menyebabkan sel kulit sehat terangkat dan membuat luka berukuran mikro di kulit, sehingga kuman mudah masuk dan memicu jerawat. Kulit juga mudah menjadi iritasi dan meradang.


3. Ganti handuk wajah secara berkala

Handuk yang kotor dapat menjadi sarang bakteri. Ketika wajah terpapar handuk kotor, bakteri tersebut akan menempel dan menyebabkan jerawat. Gantilah handuk wajah minimal seminggu sekali atau gunakan tisu sekali pakai untuk mengeringkan wajah.


4. Pakai pelembap yang tepat

Pelembap bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Ketika kulit terlalu kering, kelenjar minyak akan terus memproduksi minyak dan kemudian dapat menyumbat pori. Sebaliknya bila kulit lembap, maka kelenjar minyak akan menghentikan produksinya.

Banyak orang khawatir ketika menggunakan pelembap karena beberapa jenis bersifat komedogenik dan memicu jerawat. Namun kamu dapat menggunakan produk pelembap yang ringan dan tidak menyumbat pori.


5. Pakai sunscreen yang tepat

Beberapa jenis sunscreen dapat memicu munculnya banyak jumlah jerawat sekaligus, padahal penggunaan sunscreen penting untuk menjaga kulit dari efek sinar UV. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi jenis sunscreen yang cocok untuk kondisi wajahmu.


6. Jangan memakai make-up ketika olahraga.

Ketika kamu berolahraga, pori-pori akan terbuka untuk mengeluarkan keringat. Pada saat inilah bakteri dan kotoran dapat masuk ke dalam pori-pori dan memicu jerawat. Terlebih lagi kalau kamu menggunakan make-up saat berolahraga. Butiran dalam make-up tersebut berisiko untuk menyumbat pori-pori.


7. Cuci muka setelah berolahraga

Setelah berkeringat, segeralah mencuci muka dan mandi untuk membersihkan kotoran dan minyak di wajah dan badan. Dianjurkan untuk tidak memakai pakaian yang ketat saat berolahraga karena dapat memicu “bacne” atau jerawat punggung.


8. Hindari makanan yang dapat memperburuk jerawat

Makanan dan minuman tinggi gula atau yang mengandung susu dapat merangsang peradangan serta memperburuk jerawat. Sebaiknya konsumsi sayur-sayuran hijau dan buah-buahan berwarna cerah yang tinggi akan kandungan antioksidannya. Makanan-makanan ini dapat meredakan peradangan dan memperbaiki kondisi kulit.


9. Minum air putih yang cukup

Kulit yang dehidrasi akan merangsang produksi minyak berlebih pada wajah sehingga risiko munculnya jerawat lebih besar. Dengan minum air putih yang cukup, kulit akan menjadi lebih lembap dan produksi minyak lebih terkontrol. Pada akhirnya, minum air putih yang cukup dapat membantu penyembuhan jerawat dan mencegahnya muncul kembali.


10. Mengganti sarung bantal dengan rutin

Sarung bantal yang jarang dicuci dapat menjadi sumber kontaminasi bakteri ke kulit. Sebaiknya cuci sarung bantal satu atau dua kali seminggu untuk mencegah timbulnya jerawat baru.


11. Bersihkan benda-benda apapun yang sering mengenai wajah

Benda-benda seperti telepon genggam, alat rias, dan lain-lain dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat baru dan memperburuk jerawat yang sudah ada bila sering terpapar ke wajah. Bersihkan benda-benda tersebut dengan alkohol atau cairan antiseptik lainnya untuk menghilangkan kotoran serta membunuh kuman bakteri. Hindari juga menyentuh wajah dengan tangan yang kotor karena keringat, minyak, dan kotoran dari tangan dapat menyumbat pori-pori.


12. Kompres jerawat dengan es batu

Untuk meredakan peradangan jerawat, kamu dapat mengompresnya dengan es batu. Caranya adalah bungkus es batu dengan kain atau tissue, lalu kompres selama 20-30 detik. Lakukan beberapa kali sehari. Dengan kompres dingin ini, pembuluh darah akan mengecil yang membuat nyeri dan bengkak berkurang. 

Bagi kamu yang memiliki masalah rosacea atau wajah mudah merah, hindari paparan benda yang terlalu dingin atau terlalu panas ke wajah. 


13. Jangan menggunakan pasta gigi atau menggosok alkohol ke wajah

Mungkin kamu sering mendengar tentang cara penanganan jerawat DIY, baik masker dari buah, pasta gigi, hingga menggosok alkohol ke wajah. Pengolesan pasta gigi dan menggosok alkohol ke wajah tidak dianjurkan karena dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit, bukan untuk mengatasi jerawat. Sebaiknya gunakan skincare yang memang diperuntukkan untuk jerawat. Apabila dengan skincare over-the-counter jerawatmu tidak membaik, kamu dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep skincaremu.


14. Melawan jerawat hormonal dengan obat KB

Obat KB dapat mengontrol hormon penyebab jerawat. Namun sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter karena obat KB memiliki efek samping, sehingga perlu dipertimbangkan mengenai risiko dan keuntungan dari konsumsi obat KB ini.


15. Tidur yang cukup dan kendalikan stres

Kurang tidur dan stres dapat merangsang produksi hormon penyebab jerawat. Selain cukup tidur, usahakan kamu sudah terlelap pada pukul 23.00 hingga 04.00 karena pada waktu tersebut terjadi puncak regenerasi sel kulit baru. Kamu dapat mencoba mengurangi stres dengan melakukan relaksasi, meditasi, dan melakukan hobimu.


16. Periksa produk rambutmu

Apabila jerawat sering muncul di dahi atau tepi rambut, coba periksa lagi produk rambut yang kamu gunakan. Shampoo, minyak, dan gel rambut yang memiliki kandungan pelembap terlalu tinggi dapat menyumbat pori-pori wajah ketika terpapar. Cuci rambut secara rutin agar kotoran dan minyak tidak menempel ke wajah.


17. Konsultasi dengan dokter

Apabila kamu sudah mencoba berbagai skincare over-the-counter namun jerawatmu tidak membaik, atau bila jerawat sudah mengganggu aktivitasmu sehari-hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar kamu bisa mendapatkan skincare yang paling tepat untuk kondisi kulitmu.

Itulah 17 cara menghilangkan jerawat yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa coba cara-cara di atas untuk mengatasi jerawatmu, sehingga wajahmu bisa terbebas dari jerawat dan kamu pun bisa menikmati hari-harimu dengan lebih nyaman dan percaya diri. Untuk mengetahui 14 cara mencegah jerawat, kamu bisa baca pada artikel ini.


Di Diri, kamu bisa leluasa berkonsultasi online dengan dokter spesialis di manapun kamu berada. Tak hanya itu, kamu pun bisa mendapat resep dan produk kesehatan yang teruji klinis serta dipersonalisasi sesuai kebutuhanmu. Semua akan diantarkan langsung ke rumahmu tanpa perlu ribet. Jadi tunggu apa lagi? Langsung mulai konsultasimu di Diri sekarang! Untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan tim dokter DIRI, kamu bisa langsung klik di sini.

Tag:
jerawat
tips
solusi
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.