GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Penyebab Mata Sembab dan Cara Efektif Mengatasinya untuk Penampilan Lebih Fresh

Ditinjau oleh dr. Winda-12 Jun 2023
penyebab mata sembap

Banyak orang percaya bahwa mata adalah jendela hati. Di samping itu, penampilan menawan juga ditentukan oleh kesegaran dan kejernihan mata. Lantas bagaimana kalau mata sembab karena faktor tertentu? Bisa kok diatasi secara efektif dengan langkah-langkah sederhana. Untuk lebih mengenali penyebab dan cara menghilangkan mata sembab, yuk simak ulasan berikut ini.


Cara menghilangkan mata sembab

Mata sembab yang membuatmu perlu memakai riasan lebih pada mata agar tak tampak, bisa diatasi dengan langkah-langkah tertentu berikut ini.


     1.  Kompres dingin

Tak buruk kalau sebangun tidur dan menemukan mata sembab kamu perlu cuci muka dengan air dingin. Menurut dokter kulit bersertifikat Noëlle Sherber, MD., bisa juga mengompres kelopak mata dan sekitarnya dengan sendok dingin. Cara ini bisa mengatasi mata sembab dan bengkak. Kamu juga bisa memanfaatkan kain dingin biasa atau menggunakan alat kompres dengan bantalan gel pendingin.


     2.  Kompres dengan kantung teh

Teh mengandung kafein yang bisa membantu mengembalikan cekungan dan kerutan. Selain itu, kalau mata sembab bisa juga diatasi dengan mengompres menggunakan kantung teh. Caranya cukup mudah, kamu bisa menyeduh kantung berisi teh dengan air panas. Biarkan kantung berisi teh suhunya menurun. Ketika sudah dingin, kamu bisa memanfaatkan kantung teh tersebut untuk mengompres area sekitar bawah mata. Dengan begitu, mata kembali terlihat segar dan kamu siap beraktivitas.


     3.  Tinggikan tumpukan bantal saat tidur

Sering menemukan mata sembab sebangun tidur? Cobalah untuk meninggikan bantal saat kamu tidur. Ini membantu menjaga kepala lebih tinggi daripada dada. Selain itu, dapatkan kualitas tidur yang baik selama kurang lebih 7-8 jam.


     4.  Rol kulit

Rol kulit yang berukuran kecil dan terbuat dari bebatuan alami dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sekitar kantung mata. Oleh karena itu, kamu bisa memasukkan cara menghilangkan mata sembab dengan memijatkan rol kulit pada area mata dengan lembut. Tetapi perlu berhati-hati ketika menggunakannya karena kalau terlalu kencang dapat membuat kulit trauma dan kantung mata semakin membengkak.


     5.  Rias mata dengan concealer

Concealer bisa diandalkan untuk memudarkan mata panda bahkan bisa ‘menyulap’ mata sembab menjadi terlihat lebih segar. Cara ini tentu tidak menghilangkan, hanya saja dapat memperbaiki penampilanmu sementara waktu.


     6.  Mentimun

Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan mata sembab, adalah dengan cara mengompres kelopak mata menggunakan irisan mentimun. Mentimun mengandung tinggi air dan mendinginkan. Sayuran segar ini, bisa menggantikan kantung kompres atau kantung teh untuk membuat mata terlihat lebih segar.


     7.  Kurangi makan makanan asin

Makanan asin tentu membubuhkan garam atau natrium sebagai pembentuk rasa. Ternyata, kebanyakan natrium merupakan salah satu penyebab mata sembab. Oleh karena itu, banyak pakar menyarankan diet rendah garam tak hanya untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan tetapi juga mencegah mata sembab.


     8.  Hindari kebiasaan buruk sehari-hari

Minum minuman beralkohol dan kurang tidur merupakan kebiasaan yang wajib dihindari agar mata tetap terlihat segar. Selain itu, pastikan kamu cukup minum air mineral untuk memastikan tubuh terhidrasi cukup. Ternyata, minum cukup air juga dapat membantu mengurangi mata sembab lho!


      9.  Minum obat anti alergi

Mata sembab bisa disebabkan alergi. Artinya, evaluasi terlebih dahulu makanan apa yang kamu makan sebelum melakukan langkah pengobatan. Kalau kamu alergi makanan tertentu atau alergi debu hingga alergi dingin, minum obat alergi bisa jadi langkah pencegahan. Tetapi penting untuk kamu lakukan, periksakan pada layanan kesehatan dan pastikan penyebab alergi sehingga kamu bisa mencegah mata sembab dari hal yang paling mendasari.


     10.  Blepharoplasty

Blepharoplasty adalah operasi plastik untuk menghilangkan bantalan lemak di bawah mata. Bantalan lemak ini, kerap dialami sebagai tanda penuaan. Tetapi cara menghilangkan mata sembab yang ini, harus dilakukan sesuai prosedur medis. Umumnya, dokter bedah plastik perlu mengevaluasi seluruh riwayat kesehatan dan merekomendasikan langkah-langkah sederhana lainnya untuk menghilangkan mata berkantung. Baru apabila sudah memenuhi persyaratan terkait kondisi kesehatan, dokter akan mempertimbangkan prosedur yang akan dilakukan.


Itulah kesepuluh cara menghilangkan mata sembab, mulai dari cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah hingga perlu prosedur medis. Nah, cara mengatasi di atas perlu disesuaikan dengan penyebab yang memicu mata sembab. Oleh karena itu, kenali yuk apa yang sekira membuat matamu terlihat layu dan tak segar.


Penyebab mata sembab

Mata sembab dialami ketika terdapat cairan menumpuk di lapisan tipis jaringan pada sekeliling mata. Ini yang menyebabkan mata tampak bengkak yang biasanya dialami bagian kelopak atas atau bawah. Mata sembab, sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya dalam sehari. Namun apabila pembengkakan berlangsung lama, maka kenali masalah yang menyebabkannya.


Menurut rekomendasi dokter mata, Annapurna Singh, MD., kalau mata bengkak lebih dari 48 jam maka harus segera memeriksakan ke dokter. Tetapi, mata sembab juga bisa disebabkan rutinitas tertentu seperti kurang tidur, PMS, menangis, pilek, kurang gerak, hingga penuaan. Di samping penyebab mata sembab tersebut, ada hal-hal yang penting kamu perhatikan seperti berikut ini.


     1.  Alergi dan konjungtivis

Sebagian besar alergi umum dialami dan mudah diobati. Biasanya, disebabkan oleh demam atau reaksi terhadap makanan, paparan bahan kimia, atau iritan lainnya. Untuk mengatasi alergi yang berefek pada mata sembab, bisa diobati dengan obat anti alergi yang dijual bebas di apotek terdekat. Namun, untuk lebih aman dan efektif mengobati, konsultasikan pada ahli serta ikuti anjuran minum obat anti alergi.


Selain alergi, pada musim flu, mata bisa memerah dan sembab. Ini merupakan tanda kamu perlu menghangatkan diri pada musim dingin dan mengatasi gejala flu. Mata sembab karena ini, seringnya disebabkan virus, bakteri, alergen, atau iritan lainnya.


     2.  Bintil dan kalazia

Kedua penyebab mata sembab dan bengkak ini, karena infeksi folikel bulu mata serta sumbatan kelenjar minyak yang menyebabkan kalazia. Kalazia atau chalazion familiar dikenal dengan timbil, yaitu benjolan kecil pada kelopak mata tetapi tidak berbahaya. Sedangkan infeksi folikel bulu mata, dikenal dengan bintil yang biasanya bertekstur lembut dan berwarna merah pada tepian kelopak mata.


     3.  Pramenstruasi

Ini merupakan siklus normal bulanan perempuan produktif, yang mana ketika pramenstruasi mata menahan air karena kadar hormon lebih tinggi. Ini juga diikuti dengan perut kembung dan pembengkakan mata yang umumnya akan hilang dengan sendirinya setelah siklus berganti.


     4.  Mengalami masalah tiroid

Sering kali, mata sembab dan bengkak bukanlah masalah besar tetapi mungkin efek samping dari masalah kesehatan yang lebih besar. Seperti yang dialami seseorang dengan hipertiroidisme, yang mana terjadi penebalan lemak di sekitar mata. Selain itu, kelopak mata bengkak juga bisa dialami seseorang dengan lupus, dermatomyositis, dan penyakit jaringan ikat lainnya.


     5.  Terlalu banyak duduk

Bagi kamu yang masih menjalani sedentary lifestyle atau gaya hidup rebahan dan malas gerak, mungkin lebih sering menemukan mata sembab. Menurut pakar, ketika kamu kebanyakan duduk dan kurang gerak, tubuh mengalami retensi cairan. Cairan tubuh dapat mengumpul di wajah dan sebaiknya kamu segera mengubah kebiasaan buruk ini untuk mengatasi mata sembab.


Selain kelima penyebab mata sembab di atas, bisa juga dipicu kesehatan ginjal dan penuaan. Masalah pada ginjal, tentu memerlukan perawatan berkelanjutan setelah didiagnosa oleh dokter penyakit dalam. Kalau mata sembab karena penuaan, mungkin kondisi yang tak dapat ditolak. Tetapi bukan berarti tidak dapat dihilangkan dengan rutinitas sehat dan mengambil langkah sederhana untuk menghilangkan mata sembab.


Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara menghilangkan mata sembab. Karena mata sembab sering diikuti mata panda, bisa kok kamu mengatasinya dengan rekomendasi terpercaya dari dokter berpengalaman di Klinik Diri

 

 

Sumber:

https://www.womenshealthmag.com/health/a19899435/puffy-eyes-causes/

https://health.clevelandclinic.org/puffy-eyes-what-causes-them-and-what-to-do-about-it/

https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/how-to-get-rid-of-bags-under-your-eyes


banner-artikel
Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.