GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Selangkangan Berwarna Hitam: Penyebab, Pencegahan, dan Cara Atasinya

dr. Elita M.-10 Mei 2022
selangkangan hitam penyebab cara pudarkan diricare

Paha bagian dalam atau yang biasa disebut selangkangan dapat berwarna gelap ketika kulit menghasilkan melanin secara berlebihan, secara medis kondisi ini disebut sebagai hiperpigmentasi kulit. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, sehingga jika jumlahnya berlebihan maka akan menimbulkan kulit berwarna gelap. Siapa pun dapat mengalami hal ini, terlepas dari warna kulit mereka.

 

Penyebab

Beberapa penyebab selangkangan berwarna gelap yang sering terjadi sebagai berikut:


1. Trauma fisik

Gesekan yang berlebihan dapat menyebabkan luka lecet pada selangkangan, hal ini terjadi akibat paha yang bergesekan saat berjalan atau berolahraga, penggunaan celana yang terlalu ketat, ataupun karena gesekan antara pinggiran pembalut (terutama pembalut yang bersayap) dengan daerah pangkal paha. Jika gesekan terjadi terus menerus maka kulit selangkangan akan menebal dan menjadi berwarna gelap, semakin lama trauma fisik ini terjadi maka warna kulit akan semakin gelap.

 

2. Kulit kering

Kulit kering pada daerah selangkangan dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif sehingga lebih mudah terasa gatal dan mudah mengalami iritasi. Ketika iritasi terjadi berkepanjangan akan menyebabkan warna kulit menjadi gelap.

 

3. Perubahan hormon

Kondisi-kondisi tertentu dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormoterutama pada wanita, yang dapat menyebabkan selangkangan menjadi berwarna gelap, seperti ketika menstruasi, hamil, menyusui, maupun kondisi polycystic ovarian syndrome (PCOS).

 

4. Infeksi jamur

Tinea cruris atau infeksi jamur pada kulit daerah selangkangan dapat menyebabkan selangkangan menjadi lebih hitam. Pada penyakit yang disebabkan infeksi jamur, penderita sering mengeluhkan rasa gatal yang hebat. Garukan pada daerah tersebut akan menyebabkan iritasi kulit sehingga kulit akan menebal dan menghitam. Selain itu, juga dapat muncul ruam kulit berbatas tegas, berwarna kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting berisi nanah. Setelah beberapa hari akan tampak bagian tengah yang menyembuh berupa area coklat kehitaman dan bersisik.

 

5. Sinar UV

Terlalu banyak terpapar sinar matahari pada daerah selangkangan juga dapat membuat selangkangan menjadi berwarna gelap.

 

6. Kelainan pigmen kulit, seperti acanthosis nigricans

Acanthosis nigricans adalah kondisi kulit yang ditandai dengan pertumbuhan epidermis yang berlebihan menyerupai beludru. Penggelapan dan penebalan (hiperkeratosis) kulit terjadi terutama di daerah lipatan kulit, terutama ketiak, lipat paha, bagian bawah payudara, dan leher. Kondisi kelainan pigmen kulit ini biasanya merupakan tanda dari kondisi atau penyakit yang mendasarinya, seperti obesitas atau diabetes.

 

7. Penggunaan obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan dapat memicu efek samping yang membuat perubahan warna pada selangkangan sehingga menjadi lebih hitam, seperti pil KB ataupun pengobatan kemoterapi.

 

Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan mengurangi hal-hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya paha bagian dalam menggelap, hal-hal yang dapat dilakukan adalah:

· Mengurangi gesekan pada daerah selangkangan dengan mengenakan pakaian yang longgar

· Menjaga berat badan yang sehat melalui diet dan olahraga

· Menjaga area selangkangan tetap bersih dan tidak lembap, sehingga mengurangi risiko infeksi jamur

· Tidak mencukur daerah selangkangan terlalu sering

· Melakukan perawatan kulit yang baik dan rutin

· Menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih pada daerah selangkangan

· Hindari menggaruk dan menggosok area tersebut secara berlebihan

 

Penanganan

Selangkangan berwarna gelap biasanya tidak berbahaya, namun sebagian orang ingin mengurangi atau menghilangkan daerah kulit yang lebih gelap. Terdapat beberapa pilihan penanganan yang dapat dilakukan, yaitu dengan bahan-bahan alami, produk perawatan kulit, dan tindakan medis.

 

1. Bahan-bahan alami

· Aloe vera / lidah buaya

Lidah buaya dapat membantu menenangkan kulit yang sedang iritasi, selain itu kandungan aloin dalam lidah buaya dapat membantu mengurangi area gelap pada kulit. Untuk penggunaannya, oleskan krim/gel lidah buaya langsung ke area kulit selangkangan dan tidak perlu dibilas setelah diaplikasikan.

· Scrub alami terbuat dari oatmeal dan yogurt

Oatmeal berfungsi sebagai eksfolian yang lembut dan memiliki kandungan anti radang, sedangkan yogurt mengandung lactic acid yang membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Dengan menggabungkan kedua bahan alami ini, dapat membuat scrub alami yang berbahan halus. Cara penggunaannya, oleskan perlahan pada area kulit yang diinginkan dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air mengalir.

· Kentang

Enzim katekolase yang terdapat pada kentang dapat membantu mencerahkan warna kulit. Cara penggunaannya, gosokkan secara perlahan kentang yang sudah dipotong berukuran agak kecil pada area selangkangan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air mengalir.

 

2. Produk perawatan kulit

Produk perawatan kulit yang dapat mencerahkan warna kulit, termasuk untuk area selangkangan dapat berupa krim, salep, ataupun cairan. Menurut American Academy of Dermatology, kandungan yang dapat mencerahkan kulit antara lain, ellagic acid, lignin peroxidase, niacinamide, dan soy (kedelai).

Selain itu, terdapat banyak kandungan-kandungan lainnya yang dapat mencerahkan kulit, seperti retinoid yang dapat merangsang pertumbuhan sel kulit sehingga dapat mengurangi hiperpigmentasi atau hitam pada kulit. Hidrokuinon, arbutin, kojic acid, licorice, azelaic acid, dan vitamin C juga merupakan kandungan yang dipakai dalam produk perawatan kulit yang dapat mengurangi noda kehitaman pada kulit.

Untuk pemakaian produk perawatan kulit, disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dapat dinilai kondisi kulit dan dipilihkan produk perawatan kulit yang kandungannya paling sesuai dengan kondisi kulit kita.

 

3. Tindakan medis dengan laser

Perawatan laser yang dilakukan oleh dokter merupakan salah satu cara untuk mengurangi pigmentasi pada kulit sehingga dapat mencerahkan warna kulit selangkangan.


Untuk mendapatkan tips dan rekomendasi skincare yang sesuai untuk masalah kulitmu, konsultasikan yuk dengan tim dokter Diri!


Referensi: 

Ali SA, Galgut JM, Choudhary RK. On The Novel Action of Melanolysis by a Leaf Extract of Aloe vera and Its Active Ingredient Aloin, Potent Skin Depigmenting Agents [Internet]. [cited 2022 Apr 20].

Dark inner thighs: Treatments and home remedies [Internet]. 2019 [cited 2022 Apr 20].

How to fade dark spots in darker skin tones – American Academy of Dermatology Association [Internet]. [cited 2022 Apr 20].

Kang S, Amagai M, Bruckner AL. Fitzpatrick’s Dermatology. 9th ed. Vol. 1. McGraw-Hill Education; 2019.

Kong AS, Williams RL, Rhyne R, Urias-Sandoval V, Cardinali G, Weller NF, et al. Acanthosis Nigricans: High Prevalence and Association with Diabetes in a Practice-based Research Network Consortium--A PRImary care Multi-Ethnic Network (PRIME Net) Study. The Journal of the American Board of Family Medicine. 2010 Jul 1;23(4):476–85.

Tag:
selangkangan hitam
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.