GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Yuk Simak Urutan dan Cara Pemakaian Skincare yang Benar

dr. Elita M.-21 Jul 2022
Urutan dan Cara Pemakaian Skincare yang Benar Diricare

Penggunaan skincare atau produk perawatan kulit semakin umum digunakan oleh masyarakat, baik wanita maupun pria, usia muda sampai tua. Selain untuk menjaga kesehatan kulit wajah, juga dapat menjaga kecantikan kulit wajah. Namun ternyata, masih banyak orang yang salah dalam menggunakannya. Urutan atau cara pemakaian skin care yang salah dapat mengurangi efektivitas dari produk yang digunakan, bahkan kulit bisa mengalami iritasi.

 

Ada banyak sekali jenis skincare, mulai dari sabun cuci muka sampai dengan tabir surya. Agar kita bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kita perlu memakai dengan urutan dan cara yang benar. Berikut urutan dan cara pemakaian skincare yang direkomendasikan:

 

1. Sabun cuci muka (facial wash)

Sebelum memakai skincare apapun, kita perlu membersihkan kulit wajah agar bebas dari minyak dan kotoran sehingga bahan skincare dapat diserap dengan baik.


Dilansir dari American Academy of Dermatology Association (AAD), berikut cara cuci muka yang benar:

  • Basahi wajah dengan air hangat dan gunakan ujung jari untuk mengaplikasikan sabun pada wajah. Kamu juga bisa membusakan facial wash-nya dahulu di tangan sebelum diaplikasikan ke wajah.
  • Jangan menggosok kulit karena dapat memicu iritasi.
  • Bilas dengan air dan keringkan dengan handuk yang lembut.
  • Cuci muka dibatasi maksimal dua kali sehari, pagi hari dan malam hari. Jika kamu melakukan aktivitas yang berkeringat banyak, cuci kulit wajah sesegera mungkin setelahnya.

 

2. Toner

Setelah kulit wajah dibersihkan dengan sabun, gunakan toner wajah. Toner berfungsi untuk mengangkat minyak dan kotoran yang masih menempel pada wajah setelah mencuci muka, namun tidak untuk menggantikan step mencuci muka dengan sabun. Selain itu, toner juga dapat membantu dalam mempersiapkan kulit wajah sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya seperti serum dan pelembap.


Kandungan yang terdapat di dalam toner disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit setiap individu, misalnya untuk kulit berminyak memakai toner yang memiliki kandungan glikolat dan asam salisilat untuk menjaga kulit berminyak tetap matte sepanjang hari, sedangkan untuk kulit kering memakai kandungan yang menghidrasi.


Cara pemakaian toner yang benar:

  • Basahi kapas dengan toner, lalu usapkan atau tepuk-tepuk dengan lembut ke seluruh wajah dan/atau leher. Toner digunakan setelah cuci muka dan sebelum menggunakan serum atau pelembab.
  • Penggunaan toner tanpa kapas dapat dilakukan dengan mengoleskan beberapa tetes toner ke telapak tangan, lalu menekannya ke wajah. Tapi tidak semua jenis toner dapat diaplikasikan tanpa kapas
  • Gunakan toner pada pagi hari dan malam hari. Tetapi jika kulit menjadi kering atau mudah teriritasi, cobalah sekali sehari dahulu sampai kulit beradaptasi, lalu ditingkatkan secara bertahap.

 

3. Serum

Setelah membersihkan dan melembapkan kulit, saatnya untuk memakaikan serum wajah. Secara umum pemakaian serum wajah dibutuhkan 2 pompa atau seukuran kacang polong atau gunakan 3-4 tetes serum. Serum dapat dipakai pada seluruh wajah dan leher. Perlu diingat, serum wajah memiliki konsentrasi bahan yang tinggi sehingga penggunaannya tidak perlu berlebihan.


Ada 2 cara untuk menggunakan serum:

  • Cara pertama, gunakan ujung jari untuk mengoleskan serum dengan lembut ke wajah dan leher, lalu tepuk dan ratakan serum dengan lembut. Hindari menggosok terlalu keras, biarkan produk menyerap dengan sendirinya setelah diratakan.
  • Cara kedua, oleskan 2 pompa atau 3-4 tetes serum ke telapak tangan. Lalu gosok kedua telapak tangan dengan lembut untuk menghangatkan dan mengaktifkan serum. Tekan sedikit telapak tangan Anda ke kulit dan tepuk dengan gerakan ke luar dan ke atas sampai seluruh wajah dan leher terolesi dengan serum.

 

4. Pelembap / Moisturizer

Pelembap dapat mengunci kelembapan dan menjaga kulit agar terhidrasi sehingga penggunaan pelembab jangan terlalu lama setelah mencuci muka dan memakai toner serta serum wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan pelembap pada wajah dengan gerakan memutar sampai ke leher.

 

5. Tabir Surya / Sunscreen

Tabir surya atau sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan sunblock dan tidak meninggalkan whitecast. Sunscreen membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit hingga terserap ke dalam kulit agar dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berasal dari paparan cahaya matahari. Penggunaan sunscreen penting saat terkena sinar matahari baik aktivitas indoor maupun outdoor. Selain itu, penggunaan sunscreen juga perlu di-reapply setiap 2-3 jam sekali selama masih terpapar sinar matahari.

 

Untuk mendapatkan custom facial wash, custom toner, custom face serum, custom day cream, custom night cream, dan custom moisturizer yang tepat sesuai kondisi kulitmu, kamu bisa konsultasi ke tim klinis Diri lho!


Referensi:

1. Young S. How to layer your skincare products in the correct order. Independent [Internet]. 2018 Sep 9 [cited 2022 Jul 25]; Available from: https://www.independent.co.uk/life-style/fashion/how-to-layer-skincare-beauty-products-order-dermatologist-a8523676.html

2. Metzger C. This is the *exact* order you should apply your skincare products [Internet]. Cosmopolitan. 2022 [cited 2022 Jul 25]. Available from: https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a25372431/what-order-to-apply-skincare-products/

3. Face washing 101 [Internet]. Aad.org. [cited 2022 Jul 25]. Available from: https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/face-washing-101

4. Shatzman C, Aberman M. What face toner does and how to use it, according to dermatologists [Internet]. Women’s Health. 2018 [cited 2022 Jul 25]. Available from: https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19952473/how-to-use-facial-toner/

Tag:
skincare
tips
jerawat
tipe kulit
kusam
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.