GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

17 Makanan yang Harus Dihindari untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Ditinjau oleh dr. Winda-07 Agt 2023
makanan yang harus dihindari kulit berminyak

Kulit berminyak dan berjerawat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti genetika, hormon, dan kebiasaan makan. Meskipun makanan itu mungkin tidak menjadi penyebab langsung jerawat, namun beberapa makanan tertentu dapat mempengaruhi produksi minyak kulit dan peradangan, yang dapat memperburuk kondisi kulit berminyak dan berjerawat.

Nah, bagi kamu yang kerap memiliki masalah wajah berminyak dan berjerawat, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari agar kondisinya tidak semakin parah.



1. Makanan Tinggi Gula

Mengkonsumsi gula berlebih dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yang dapat merangsang produksi minyak kulit dan peradangan. Makanan tinggi gula termasuk permen, minuman manis, kue-kue, dan makanan olahan yang mengandung gula tambahan. Sebaiknya pilih makanan dengan indeks glikemik rendah seperti sayuran, buah-buahan segar, dan biji-bijian utuh.


2. Makanan Berlemak

Makanan berlemak tinggi, terutama yang mengandung lemak jenuh, dapat mempengaruhi produksi minyak pada kulit. Maka dari itu, sebaiknya kamu menghindari makanan seperti makanan cepat saji, makanan gorengan, produk susu tinggi lemak, dan daging berlemak. Sebaiknya pilih sumber lemak sehat seperti ikan berlemak, alpukat, dan kacang-kacangan.


3. Susu dan Produk Susu

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi susu dan jerawat. Susu mengandung hormon yang dapat merangsang produksi minyak kulit. Jika kulit kamu berjerawat, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi susu dan produk susu seperti keju dan yoghurt.


4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji umumnya mengandung banyak lemak tidak baik, garam, dan bahan kimia tambahan yang dapat memicu peradangan dalam tubuh dan memperburuk jerawat. Makanan cepat saji juga cenderung memiliki indeks glikemik tinggi. Sebaiknya hindari makanan cepat saji dan pilih makanan segar yang lebih sehat.


5. Karbohidrat Olahan

Makanan yang termasuk karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin dan merangsang produksi minyak kulit. Gantilah karbohidrat olahan ini dengan biji-bijian utuh seperti quinoa, beras merah, dan roti gandum.


6. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang kerap menjadi musuh bagi orang yang berjerawat. Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dapat membuat kulit lebih kusam dan berkurang elastisitasnya. Sudah banyak juga yang membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah. Produksi minyak inilah yang nantinya bisa menyebabkan timbulnya jerawat.


7. Minuman Berkafein

Minuman seperti kopi dan minuman energi dapat memicu produksi minyak kulit dan menyebabkan peradangan. Sebaiknya batasi konsumsi minuman berkafein dan pilih minuman herbal atau air putih.


8. Makanan Olahan

Makanan olahan mengandung banyak bahan tambahan, pewarna, dan pengawet yang dapat memicu peradangan dalam tubuh. Hindari makanan ringan seperti keripik, camilan manis atau garam, dan makanan siap saji.


9. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan merangsang kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Ini dapat memperburuk kulit berminyak dan jerawat. Batasi konsumsi makanan pedas seperti cabai, saus pedas, dan makanan berbumbu tinggi.


10. Makanan Tinggi Sodium

Konsumsi garam berlebihan dapat mempengaruhi keseimbangan air dalam tubuh dan meningkatkan peradangan. Hindari makanan dengan kandungan garam tinggi seperti makanan kalengan, makanan instan, dan makanan siap saji.


11. Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Minum alkohol secara berlebihan juga dapat mempengaruhi kualitas tidur, yang dapat memperburuk kondisi kulit. Alkohol juga dapat meningkatkan produksi urin yang membuat tubuh kehilangan cairan dan membuat kulit kering. Saat kulit kering, kulit akan menghasilkan minyak lebih banyak untuk menghilangkan kekeringan ini. Batasi konsumsi alkohol atau gantilah dengan minuman non-alkohol seperti air infused buah atau teh herbal.


12. Soda

Soda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Nah, gula menjadi salah satu makanan penyebab jerawat yang bisa memicu peradangan. Saat tubuh menyerap minuman bersoda, tubuh akan mengalami lonjakan gula darah yang meningkatkan respons peradangan. Peradangan dari mengonsumsi soda ini akan membuat kondisi jerawat bertambah parah.


13. Cokelat

Siapa yang sangka makanan lezat dan manis yang satu ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Olahan cokelat yang mengandung banyak gula dipercaya menjadi salah satu penyebab jerawat. Peningkatan dari gula darah saat kita mengkonsumsi cokelat dapat memicu munculnya hormon penyebab jerawat.


14. Makanan Laut yang Mengandung Iodine Tinggi

Beberapa orang dengan kulit berminyak dan berjerawat sensitif terhadap makanan laut yang mengandung iodine tinggi, seperti udang, kerang, dan rumput laut. Jika Anda mengalami reaksi kulit setelah mengkonsumsi makanan laut, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsinya.


15. Susu Kedelai

Bagi beberapa orang, konsumsi susu kedelai atau produk kedelai lainnya dapat memicu peradangan dan jerawat. Jika kulit kamu bereaksi terhadap produk kedelai, maka sebaiknya hindari atau kurangi konsumsinya untuk mencegah timbulnya jerawat.


16. Makanan Kaleng

Makanan beku, kalengan, dan olahan lainnya umumnya mengandung bahan tambahan, seperti pemanis, pengawet, minyak, bumbu, dan sebagainya. Nah, makanan semacam ini bisa membuat jerawat bertambah buruk dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat.


17. Kacang

Kacang dan produk olahan kacang lainnya juga kerap menjadi makanan penyebab jerawat. Walaupun tidak berlaku pada semua orang, kacang dapat merangsang minyak berlebih yang memunculkan jerawat. Kacang juga bisa membuat produksi sebum meningkat, sehingga bakteri pada kulit bisa berkembang menjadi jerawat.


Gimana, apakah ada makanan favoritmu pada daftar makanan yang harus dihindari untuk kulit berminyak dan berjerawat di atas. Ingat, kondisi kulit setiap orang berbeda-beda ya, maka sebaiknya konsultasikan dulu kondisimu pada dokter terpercaya dan berpengalaman di Klinik Diri.

 

Sumber:

https://www.garnier.co.id/tips-dan-trick/perawatan-wajah-wanita/makanan-penyebab-jerawat-yang-harus-dihindari

https://www.liputan6.com/hot/read/4568313/20-makanan-penyebab-jerawat-yang-harus-dihindari-telur-dan-gorengan



banner-artikel
Tag:
tips
solusi
kulit berminyak
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.