GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

7 Manfaat Suntik Vitamin C yang Bikin Kulit Kencang dan Sehat Cemerlang

Ditinjau oleh dr. Winda-05 Apr 2023
manfaat suntik vitamin C

Memiliki kulit selalu kencang dan cemerlang merupakan dambaan banyak orang. Cara untuk mendapatkannya pun tidak sedikit yang ditawarkan oleh layanan klinik kecantikan. Salah satunya dengan suntik vitamin C. Karena seperti yang kita tahu, vitamin C memiliki keunggulan dalam menjaga kecantikan kulit dan kekebalan tubuh, maka umum diformulasi dalam produk kecantikan. Kalau manfaat suntik vitamin C, kenali secara lebih lengkap dalam ulasan berikut.


Manfaat Suntik Vitamin C

Vitamin C, kerap didapatkan dari makanan yang dimakan. Vitamin ini termasuk mikronutrien yang dibutuhkan dalam proses tubuh ketika menyembuhkan luka, mencegah kerusakan sel, memproduksi kolagen, dan pembawa neurotransmitter atau dikenal dengan hormon. Selengkapnya, ini daftar manfaat suntik vitamin C untuk penampilan dan kesehatan.


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat suntik vitamin C dapat dijelaskan dari hal mendasar, yaitu khasiat mikronutrien vitamin C yang mendorong produksi sel darah putih. Dengan khasiat tersebut, dapat membentuk pelindung tubuh dan mempercepat waktu penyembuhan ketika terluka. Dalam kasus tertentu bagi seseorang dengan pneumonia atau infeksi paru-paru, vitamin C tidak menyembuhkan namun dapat mengurangi gejala dan mencegah komplikasi lebih lanjut.


2. Melindungi tubuh dari polutan beracun

Vitamin C merupakan antioksidan yang terdapat dalam buah dan sayuran. Namun bisa mendapatkannya dengan cara lain, salah satunya dengan suntik vitamin C. Manfaat suntik vitamin C yang kedua, adalah melindungi dari polutan beracun yang menyebabkan penyakit. Dengan kamu dapat memeroleh cukup vitamin C, maka antioksidan akan membuatmu tetap sehat dalam jangka waktu yang panjang.


3. Meminimalisir potensi kekurangan zat besi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, manfaat suntik vitamin C enggak hanya terbatas pada kecantikan kulit tetapi juga kesehatan. Vitamin C dapat menjaga tingkat zat besi dalam tubuh tetap seimbang. Apa yang terjadi kalau zat besi drop? Zat besi dalam tubuh bertugas mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan membuat sel darah merah. Agar paras tak terlihat pucat karena kekurangan zat besi dan anemia, maka bisa diatasi dengan menyuntikkan vitamin C.


4. Anti penuaan

Selanjutnya, manfaat suntik vitamin C yang keempat berkaitan dengan kecantikan dan penampilan. Yaitu membentuk kolagen secara efektif sehingga menjaga kulit tetap halus dan awet muda. Kolagen merupakan protein dalam tubuh yang tugasnya membantu menjaga struktur jaringan. Pakar umumnya menganalogikan kolagen sebagai lem penahan kulit dan organ tubuh agar tidak berkerut atau kendur.


Nah, semakin bertambah usia, produksi kolagen tubuh semakin sedikit. Mulai usia 20-an, produksi kolagen menurun 1 persen setiap tahunnya. Terbayang ‘kan kalau semakin tambah usia kolagen sedikit diproduksi dan efeknya membuat kulit keriput.


5. Menurunkan tekanan darah

Manfaat suntik vitamin C yang kelima, berkaitan dengan kesehatan jantung. Ketika menyuntikkan mikronutrien yang berkhasiat ini, maka tekanan darah menuju jantung melemah. Artinya ini baik bagi kamu yang cenderung mengalami tekanan darah tinggi. Bahkan laporan laporan penelitian menemukan bahwa vitamin C cukup dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis.


6. Memberi nutrisi tubuh secara aman dan efektif

Apabila seseorang menjalani suntik vitamin C, maka tidak berbahaya jika jumlahnya terlalu banyak. Seperti halnya kalau terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Karena vitamin C tergolong larut air. Artinya kalau dalam tubuh terlalu banyak vitamin C maka akan dibuang bersama urine saat buang air kecil. Tetapi kebanyakan vitamin C juga enggak baik karena bisa bikin sakit perut dan diare. Menurut dosis amannya, pastikan mendapatkan setidaknya 2000 miligram vitamin C setiap harinya.


7. Menurunkan berat badan

Suntik vitamin C, menurut beberapa penelitian, dapat bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin C, maka metabolisme dan pembakaran lemak tidak bekerja optimal. Maka dengan resep dan prosedur medis dilakukan suntik vitamin C.


Setelah mengetahui daftar manfaat suntik vitamin C, apakah ada pantangan dan adakah bahaya jika melakukannya? Ini penjelasan menurut pakar.


Pantangan Suntik Vitamin C

Suntik vitamin C hanya dilakukan dengan prosedur medis. Di samping itu, juga harus dengan resep dan persiapan atau pemeriksaan sebelum melakukannya. Suntikan vitamin C, diberikan ke pembuluh darah atau intravena, dalam otot (intramuscular), atau bawah kulit yang disebut subkutan.


Selain karena manfaat suntikan vitamin C baik untuk tubuh, perawatan ini juga disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA). Terutama jika disuntikkan pada seseorang yang kekurangan vitamin C. Tetapi biasanya hanya digunakan ketika kadar vitamin C perlu ditingkatkan dengan tepat. Atau ketika makanan atau suplemen dengan kandungan vitamin C tidak dapat dikonsumsi karena sistem penyerapannya tidak optimal.


Pantangan suntik vitamin C ialah bagi seseorang yang memiliki penyakit ginjal. Dosis vitamin C yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit ginjal semakin parah. Selain itu, suntikan dengan dosis vitamin C tinggi bisa meningkatkan peluang terkena batu ginjal.


Selain pantang bagi penderita penyakit ginjal, suntik vitamin C juga bisa memicu risiko infeksi. Terutama bagi seseorang yang mengonsumsi obat mengandung flufenazin, magnesium salisilat, mexiletine, dan salsalate.


Bahaya Suntik Vitamin C

Manfaat suntik vitamin C, mungkin menjadi pertimbangan sebelum melakukannya. Tetapi, ada beberapa kekhawatiran bahwa vitamin C dapat memengaruhi kondisi tertentu. Seperti penderita kanker yang mungkin vitamin C dosis tinggi membuat obat dan kemoterapi kurang efektif.


Selain itu, efek dari suntik vitamin C dengan injeksi intramuscular atau subkutan bisa menyebabkan nyeri ringan sementara waktu. Sedangkan pemberian larutan lewat intravena tidak boleh diberikan terlalu cepat karena menyebabkan pingsan dan pusing sementara.


Setelah melakukan suntik vitamin C, efek langsungnya antara lain mengalami mual, muntah, maag, kram perut hingga sakit kepala. Suntik vitamin C pada ibu hamil dan menyusui juga bisa bahaya. Terutama apabila dilakukan tanpa resep dan tidak dengan dosis tepat.


Itulah ulasan mengenai manfaat suntik vitamin C. Vitamin C juga diformulasikan dalam skincare topikal dan tergolong lebih aman dipakai. Termasuk Custom Night Cream rekomendasi dari tim klinis dan dokter berpengalaman di Klinik Diri. Krim malam ini merupakan salah satu rangkaian perawatan untuk mengatasi kulit kusam. Di sini vitamin C diformulasikan untuk menstimulasi produksi kolagen dan mencerahkan kulit sejak pertama kali dipakai.

 

 

 

Sumber:

https://www.iv-well.com/6-vitamin-c-benefits-should-you-get-a-vitamin-c-injection/

https://lyfemedical.com/vitamin-c-intravenous-therapy-and-its-benefit-to-the-skin-health/

https://www.healthline.com/health/vitamin-c-injection

banner-artikel
Tag:
peremajaan kulit
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.