GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Ikuti Cara Menentukan Undertone, Biar Enggak Keliru Warna Alas Bedak

Ditinjau oleh dr. Elita M-23 Sep 2022
cara memilih foundation untuk undertone

Warna kulit dan undertone atau warna dasar kulit merupakan dua hal yang berbeda. Karena keduanya memiliki perbedaan, maka perlu diketahui secara tepat. Jika tidak, makeup wajah yang kamu pakai, alas bedak misalnya, bisa enggak sesuai dengan undertone kulitmu. Tahukah kamu, kalau cara menentukan undertone bisa dilakukan lewat langkah-langkah sederhana? Yuk, ikuti penjelasan lengkap serta cara menentukan undertone dan skin tone berikut ini.


Apa itu undertone?

Undertone adalah warna di bawah permukaan kulit yang disebut sebagai warna dasar dan tidak akan pernah berubah. Sedangkan warna kulit bisa berubah karena sejumlah faktor, termasuk terpapar matahari. Penting kamu ketahui, ada kemungkinan dua orang dengan warna kulit yang sama memiliki warna dasar kulit yang berbeda. Warna undertone kulit dikategorikan menjadi tiga, yaitu hangat, dingin, dan netral. Disebut warna dasar hangat, jika undertone kuning atau emas. Untuk undertone dingin, ketika kamu memiliki warna dasar kulit biru, merah muda atau merah. Selanjutnya, campuran antara undertone hangat dan dingin disebut memiliki warna dasar netral. Lalu bagaimana menentukan undertone? Cek di bawah ini.


Cara menentukan undertone

Dalam memilih warna riasan bahkan warna busana, perlu selaras dengan undertone. Misalnya, ketika memiliki undertone netral atau dingin dan memakai alas bedak warna kuning, akan membuat perpaduan terlihat tidak alami. Garis batas antara warna undertone dengan warna riasan, bisa merusak penampilanmu. Biar tetap match dan enggak terlihat kontras dengan warna kulit, kamu bisa mempraktikkan cara menentukan undertone berikut.


1. Cek warna undertone dengan kaos atau kertas putih

Cara pertama, kamu bisa menemukan undertone dengan kaos atau kain berwarna putih polos. Dengan cahaya alami yang terang, dekatkan kaos ke wajah. Apabila wajah terlihat merah muda atau kemerahan, artinya kamu memiliki undertone dingin. Jika wajah terlihat lebih kuning, maka undertone-mu ialah hangat. Undertone netral bisa dikenali ketika wajah tidak terlihat kemerahan atau lebih kuning.


2. Perhatian reaksi kulit setelah terkena matahari

Buat kamu dengan undertone dingin, akan terlihat jelas dan kemerahan setelah terkena matahari. Ini merupakan reaksi alami kulit dan normal terjadi. Untuk mengenali undertone hangat, reaksi kulit akan kecokelatan setelah terpapar matahari. Nah, bagaimana dengan warna dasar kulit yang netral? Karena perpaduan antara hangat dan dingin, warna kulit akan kemerahan dan berubah cokelat jika undertone netral.


3. Bandingkan saat mengenakan perhiasan emas dan perak

Cara ketiga untuk menentukan undertone, lebih bersifat subjektif. Tetapi kamu bisa mencoba langkah sederhana ini untuk memastikan undertone kulitmu. Kalau mengenakan perhiasan emas dan terlihat pas, kemungkinan kamu memiliki undertone hangat. Tetapi perhiasan perak, lebih cocok dipakai oleh orang yang memiliki undertone dingin. Bagi orang dengan warna dasar kulit netral, akan cocok mengenakan keduanya.


4. Periksa warna pembuluh darah

Banyak orang menentukan undertone dengan memeriksa warna pembuluh darah. Cara ini cukup efektif dan bisa dilakukan secara cepat tanpa membutuhkan alat apapun. Kamu memiliki kulit dengan tone dingin ketika melihat urat pada pergelangan tangan berwarna biru. Jika urat tampak hijau, tandanya kamu memiliki tone kulit hangat.


5. Keselarasan warna rambut dan mata

Menurut penata rias selebriti, Robert Sesnek, cobalah cek warna rambut dan mata untuk menentukan undertone. Warna mata dan rambut secara umum selaras dengan warna dasar kulit. Warna kulit dan warna mata yang lebih gelap biasanya cenderung memiliki undertone hangat. Sementara warna kulit yang cerah dan warna mata terang, biasanya memiliki warna netral atau dingin. Nah, dari penjelasan di atas tentang cara menentukan undertone, kamu bisa memilih alas bedak atau foundation sesuai warna dasar kulitmu. Misalnya, untuk undertone netral dan dingin, cantik memakai makeup bernuansa dingin, seperti abu-abu, krem, dan merah muda yang lembut. Berbeda dengan warna tan atau undertone hangat. Paling tepat memakai makeup dengan aksen warna oranye, coral, dan perunggu. Setelah mengetahuinya, bisakah kamu membedakan dengan skin tone? Biar enggak bingung, ikuti cara menentukan skin tone berikut di bawah ya!


Cara menentukan skin tone

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, undertone dan skin tone ialah dua hal yang berbeda. Kalau undertone tidak akan pernah berubah, sedangkan skin tone selain didasari oleh melanin, juga dipengaruhi oleh intensitas terpapar matahari. Setiap orang memiliki jumlah melanin yang diturunkan secara genetis. Melanin terletak di epidermis kulit dan diproduksi sel melanosit. Warna pigmen mengacu pada melanin. Nah kalau kulit terkena sinar ultraviolet dari matahari, melanosit bekerja. Semakin banyak terpapar sinar matahari, maka melanosit akan memproduksi melanin semakin banyak. Karena banyak variasi warna kulit atau skin tone, maka dikategorikan menjadi tiga, yaitu warna kulit gelap, medium atau sedang, dan terang. Cara mengenali skin tone lebih sederhana dibandingkan cara menentukan undertone. Kamu bisa mengenali warna kulit karena terlihat secara langsung dan berikut penjelasan tentang setiap jenis skin tone.


1. Skin tone terang

Orang dengan warna kulit lebih terang, umumnya tinggal di kawasan yang tak banyak terpapar matahari seperti di negara-negara empat musim. Warna kulitnya cenderung lebih pucat dan biasanya sensitif dengan sinar matahari. Ketika terpapar matahari, kulitnya akan memerah.


2. Skin tone sedang

Warna kulit sedang, atau kadang-kadang disebut ‘zaitun’, cenderung krem yang netral. Warna yang netral dan seimbang, membuat pemilik jenis skin tone ini lebih mudah menemukan foundation yang tepat.


3. Skin tone gelap

Kulit gelap, umumnya karena sering terpapar matahari atau tinggal di kawasan yang paling banyak terkena matahari. Meskipun selain faktor matahari, genetik juga berperan dalam memproduksi pigmen pada kulit.


Melalui penjelasan di atas tentang cara menentukan undertone dan skin tone, kamu bisa memilih alas bedak yang pas. Bahkan membantumu lebih jeli memilih warna lipstik yang tepat dengan warna dasar dan warna kulit. Di samping memakai makeup, kamu juga perlu merawat dan menjaga kulit wajah lho! Perlu rekomendasi terpercaya tentang perawatan yang sesuai dengan kulitmu? Konsultasikan ke tim ahli dan dokter berpengalaman di klinik Diri

Tag:
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.