GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Moisturizer Dulu atau Sunscreen Dulu? Temukan Jawabannya di Sini!

Ditinjau oleh dr. Elita M-21 Nov 2022
moisturizer atau sunscreen dulu?

Penggunaan moisturizer dan sunscreen untuk kulit sangatlah penting. Kulit wajah tidak akan bisa sehat dan bercahaya apabila kamu tidak pernah mengaplikasikan kedua produk tersebut ke wajah. Namun, banyak yang masih belum mengetahui urutan pemakaiannya sehingga bertanya-tanya moisturizer dulu atau sunscreen dulu. Jika kamu juga masih bingung dengan urutan pemakaiannya, yuk baca ulasan artikel ini sampai selesai.


Pentingnya Memakai Skincare Sesuai Urutan

Untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing tentunya memerlukan usaha. Kamu harus telaten dan sabar karena kulit membutuhkan proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain ketelatenan dan kesabaran, dalam merawat kulit kamu juga perlu menggali banyak informasi supaya tidak salah treatment yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit.


Hal sepele yang mungkin diabaikan dan masih banyak yang belum tahu adalah pentingnya mengaplikasikan skincare sesuai urutannya. Bila skincare routine dilakukan sesuai dengan urutan yang benar, kamu bisa merasakan kondisi kulitmu akan jauh lebih sehat dan glowing maksimal.


Mengapa bisa begitu? Sebab, urutan pemakaian skincare sangat mempengaruhi efektivitas kerja skincare pada kulit. Oleh karena itu, apabila menginginkan kulit yang mulus dan bersih, kamu harus memahami konsep dasar pemakaian skincare.


Selalu pakai produk skincare dari konsistensi paling cair hingga ke paling padat dan jangan sampai terbalik. Apabila kamu memakai produk skincare yang konsistensinya padat di awal, maka produk-produk setelahnya yang konsistensinya lebih cair tidak akan terserap ke dalam pori-pori. Akibatnya rutinitas skincare yang kamu lakukan setiap hari jadi tidak ada gunanya.


Manakah yang Harus Dipakai Dulu? Moisturizer atau Sunscreen?

Nah, dari sekian rangkaian skincare routine yang tersebar di internet, ternyata masih banyak orang yang bingung waktu mengaplikasikan moisturizer dengan sunscreen. Orang-orang banyak yang berpaku kalau moisturizer harus dipakai paling akhir. Tapi di sisi lain, konsistensi sunscreen kebanyakan padat dan kental sehingga orang-orang juga berpikir sunscreen harusnya berada di urutan akhir setelah pelembab. Lantas manakah yang benar? Duluan moisturizer atau sunscreen?


Mengutip dari situs colorscience.com, para ahli kulit yang membahas tentang urutan pemakaian moisturizer dan sunscreen beropini jika urutan memakai sunscreen sangat berpengaruh pada efektivitasnya memproteksi kulit dari sinar matahari, sehingga urutan pemakaiannya harus hati-hati.


Ketika sunscreen diaplikasikan setelah moisturizer, nantinya moisturizer akan membuat semacam tameng sehingga sunscreen tidak langsung berkontak dengan kulit. Kamu pun jadi tak perlu khawatir pori-porimu tersumbat, sebab moisturizer sudah melapisi kulitmu dari sunscreen yang konsistensinya memang padat dan cenderung bersifat menutup pori.


Lalu sebaliknya, bila kamu mengaplikasikan sunscreen sebelum moisturizer, maka efektivitas sunscreen memproteksi kulit dari sinar UV pun otomatis jadi sangat berkurang. Dikarenakan moisturizer bisa memecah lapisan proteksi yang dibuat sunscreen pada kulit.


Namun, ada menurut pakar kecantikan, ada beberapa situasi yang menganjurkan kamu untuk mengaplikasikan sunscreen sebelum moisturizer. Bila kamu memakai chemical sunscreen, para ahli menganjurkan untuk mengaplikasikannya sebelum pelembab. Penyebabnya, chemical sunscreen butuh berkontak langsung dengan kulit supaya bisa memproteksi kulit secara maksimal.

Lain halnya dengan physical sunscreen, kamu harus mengaplikasikan physical sunscreen setelah moisturizer supaya kerjanya lebih efektif dan maksimal. Kulit pun jadi terproteksi dari jahatnya sinar ultraviolet.


Apa Perbedaan Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen?

Setelah mengetahui kalau beda tipe sunscreen ternyata juga ada perbedaan dalam urutan pemakaiannya. Nah, masih banyak orang awam yang belum tahu kalau sunscreen terbagi jadi dua tipe, yaitu chemical dan physical. Apakah perbedaannya dan bagaimana cara membedakannya?


Dari Formulasi Pembuatannya

Melihat dari formula dan komposisinya, chemical sunscreen terbuat dari berbagai senyawa kimia aktif. Akibat dari kandungannya tersebut, sunscreen jenis ini mudah bereaksi pada kulit sehingga tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif atau yang mudah berjerawat.


Di sisi lain, isi komposisi physical sunscreen terbuat dari bahan-bahan mineral. Formulanya yang alami membuat physical sunscreen dinilai lebih aman berkontak langsung dengan kulit sehingga cocok untuk semua jenis kulit, bahkan bagi pemilik kulit sensitif sekalipun.


Cara Kerjanya

Physical sunscreen dan chemical sunscreen terbuat dari bahan yang berbeda, membuat keduanya juga punya mekanisme kerja yang berbeda dalam memproteksi kulit. Chemical sunscreen bekerja dengan menyerap sinar ultraviolet. Artinya, sunscreen ini membiarkan sinar ultraviolet memasuki kulitmu yang kemudian dilepas secara perlahan oleh jaringan kulit.


Sedangkan physical sunscreen memproteksi kulit dari matahari dengan membentuk sebuah lapisan yang membatasi agar sinar ultraviolet tidak bersentuhan dengan kulit. Sunscreen ini dapat memantulkan kembali radiasi ultraviolet yang menerpa kulit sehingga kulitmu lebih aman.


Cara Membedakannya

Walau physical sunscreen dan mineral sunscreen punya berbedaan yang cukup signifikan, orang-orang masih kesulitan membedakannya karena wujudnya yang sama. Lalu bagaimana cara membedakannya? Hanya ada satu cara, yakni dengan melihat daftar komposisinya.


Sudah disebutkan sebelumnya jika chemical sunscreen berasal dari senyawa kimia, jadi kamu bisa mencermati komposisinya. Umumnya senyawa yang kerap tercantum di chemical sunscreen adalah avobenzone, homosalate, octinoxate, octisalate, octocrylene, dan oxybenzone.


Kemudian kandungan umum yang kerap ditemui di mineral sunscreen adalah zat-zat alami seperti zinc oxide dan titanium oxide. Kedua zat ini sudah teruji aman oleh FDA, sehingga kamu tak perlu takut mengaplikasikannya teratur di kulitmu.


Itu dia ulasan singkat tentang urutan pemakaian sunscreen sehingga kamu tak perlu bingung lagi mengaplikasikan moisturizer dulu atau sunscreen dulu. Untuk mendapatkan kulit glowing, kamu tidak boleh lupa pakai sunscreen setiap hari. Apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan, jika tak rajin memakai sunscreen, kulitmu akan mudah mengalami flek hitam dan warna kulit tidak merata.


Tapi tenang saja, kamu bisa menyelesaikan kedua keluhan kulit tersebut di Diricare. Mulai konsultasi gratis secara online dengan dokter berpengalaman, kamu akan mendapatkan rekomendasi produk terbaik dengan harga terjangkau. Yuk, mulai konsultasi sekarang!



Sumber:

https://www.colorescience.com/blogs/blog/mineral-vs-chemical-sunscreen-what-s-the-difference

https://www.colorescience.com/blogs/learn/sunscreen-before-or-after-moisturizer

https://cen.acs.org/safety/consumer-safety/evidence-sunscreens-absorb-through-skin/98/i4


Tag:
tips
solusi
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.