GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Ini Loh Perbedaan Moisturizer dan Day Cream, Jangan Keliru Ya!

Ditinjau oleh dr. WIndi-18 Jul 2023
beda moisturizer dan daycream

Ada banyak sekali jenis produk perawatan kulit yang beredar di pasaran. Saking banyaknya, mungkin sebagai wanita pun akan bingung untuk membedakannya, ya. Misalnya saja produk pelembab. Ada moisturizer cream, moisturizer gel, day cream, night cream, dan sebagainya. Meskipun sama-sama bisa melembabkan kulit, tapi ternyata produk-produk tersebut memiliki kandungan, cara pakai, dan fungsi yang berbeda, loh!


Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas apa sih bedanya moisturizer dengan day cream? Kalau dilihat dari persamaannya, selain bertujuan sebagai pelembab kulit wajah, kedua jenis produk ini juga memiliki bentuk yang serupa, ya. Bisa berupa krim, lotion, maupun gel. Namun, ada beberapa perbedaan antara moisturizer dengan day cream yang sangat jelas. Berikut penjelasannya!


1. Komposisi

Dikutip dari Hellosehat.com, secara umum, ada 3 sifat utama pada pelembab, yaitu humektan, emolien, dan oklusif. Humektan adalah jenis bahan aktif yang berfungsi untuk menjaga hidrasi kulit. Caranya dengan menyerap dan menahan molekul air dari udara di sekitarnya atau lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga kelembaban kulit tetap terjaga dan mencegah kekeringan. Beberapa contoh humektan yang umum digunakan pada produk pelembab, di antaranya gliserin, Hyaluronic Acid, atau Propylene Glycol.


Selanjutnya, emolien adalah bahan aktif yang berfungsi untuk menjaga kelembutan dan kehalusan kulit. Emolien bekerja dengan cara membentuk lapisan tipis di permukaan kulit untuk membantu mengisi dan menghaluskan celah-celah kecil di antara sel-sel kulit yang kering atau rusak. Lapisan inilah yang nantinya akan mencegah penguapan air, sehingga kulit terasa lebih lembab, lembut, kenyal, dan halus. Beberapa contoh emolien yang umum digunakan dalam produk pelembab, yaitu shea butter, jojoba oil, atau minyak mineral.


Terakhir, oklusif adalah zat yang berperan untuk membentuk lapisan pelindung di atas permukaan kulit. Lapisan ini akan membantu mencegah penguapan air dari kulit, sehingga kelembaban kulit tetap terjaga. Beberapa contoh bahan oklusif yang sering digunakan pada produk pelembab, antara lain Petroleum Jelly, Lanolin, Beeswax, atau Dimethicone.


Nah, untuk moisturizer dan day cream sendiri memiliki kandungan yang berbeda. Moisturizer ditujukan untuk menjaga kelembaban kulit secara intensif. Jadi, moisturizer cenderung menggabungkan bahan-bahan aktif yang memiliki tiga sifat di atas. Sementara itu, day cream biasanya hanya mengandung bahan yang bersifat humektan dan emolien saja. Tujuannya agar konsentrasi day cream tidak terlalu berat atau tebal saat digunakan.   


Pasalnya, karena day cream digunakan di pagi hari, tidak jarang, kamu akan menemukan kandungan tambahan, seperti SPF pada tabir surya. Tujuannya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta menangkal radikal bebas.


2. Konsistensi

Day cream umumnya memiliki tekstur yang lebih kental atau lebih tebal daripada moisturizer, sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk menyerap ke dalam kulit. Hal ini membantu day cream menempel dan bertahan di kulit sepanjang hari. Tekstur yang lebih tebal ini juga yang dapat memberikan perlindungan tambahan dan membuat day cream lebih cocok sebagai dasar makeup. 


Di sisi lain, moisturizer memiliki tekstur yang lebih ringan dan lebih mudah menyerap ke dalam kulit. Oleh karena itu, moisturizer cocok untuk digunakan sehari-hari.


3. Fungsi Utama 

Fungsi utama moisturizer adalah menjaga dan meningkatkan kelembaban kulit. Moisturizer membantu mengunci kelembaban alami kulit dan mencegah penguapan air dari permukaan kulit. Hal ini akan membuat kulit tetap terhidrasi, lembut, dan elastis.


Sementara itu, day cream tidak hanya berfungsi untuk menghidrasi kulit saja. Day cream juga memberikan perlindungan tambahan bagi kulit kamu. Produk ini dirancang khusus untuk melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan faktor lingkungan lainnya. Day cream juga dapat mengandung bahan-bahan seperti antioksidan dan peptida untuk membantu meremajakan kulit.


Oleh karena itu, jika kamu ingin melindungi kulit dari sinar matahari, menggunakan moisturizer saja masih belum cukup, ya. Karena kandungan SPF moisturizer masih sangat rendah atau bahkan beberapa jenis produk tidak mengandung SPF sama sekali.


4. Waktu Pemakaian

Dari penjelasan dua poin sebelumnya, pasti kamu sudah bisa menebak ya, kapan waktu pemakaian moisturizer dengan day cream. Sesuai dengan namanya, day cream digunakan di pagi hari. Day cream sudah mengandung SPF yang bisa melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar matahari. Jadi, menggunakan day cream saja, sebenarnya sudah cukup.


Berbeda dengan moisturizer, produk ini bisa kamu gunakan kapan saja. Bisa di pagi hari, siang, sore, malam, atau saat kulit terasa kering dan dehidrasi. Jadi, kedua produk ini bisa kamu kombinasikan untuk membantu melembabkan kulit wajah dengan maksimal, ya.


5. Urutan Pemakaian

Day cream bisa kamu jadikan step terakhir pada urutan pemakaian skincare. Dengan syarat, day cream yang kamu gunakan sudah mengandung SPF yang tinggi untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Jika kandungan SPF nya masih kecil, maka harus ditimpa lagi menggunakan tabir surya (sunscreen), ya.


Sementara itu, moisturizer bisa kamu gunakan setelah pemakaian serum atau toner. Moisturizer bisa dijadikan step akhir pada rangkaian skincare, jika kamu menggunakannya di malam hari. Berikut adalah urutan pemakaian moisturizer dan day cream yang bisa kamu ikuti:


  • Pagi hari: Pembersih wajah (facial wash) → toner → serum (opsional) → moisturizer → day cream → sunscreen (jika tidak terkandung dalam day cream).
  • Malam hari: Pembersih wajah (facial wash) → toner → serum (opsional) → moisturizer → night cream (opsional). 


Nah, itulah beberapa perbedaan moisturizer dan day cream dari segi komposisi, konsentrasi, fungsi, dan cara pemakaiannya. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa menggunakan produk dengan cara pakai yang benar, ya. Jika ingin konsultasi lebih lanjut mengenai manfaat produk-produk skincare lainnya bersama dokter ahli, kamu dapat mengklik link di berikut ini. Selamat mencoba!


Referensi:

Kenali 4 Perbedaan Moisturizer dengan Day Cream [Daring]. Tautan: https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/perbedaan-moisturizer-dan-day-cream/ 

Jangan Salah, Inilah Perbedaan antara Moisturizer dengan Day Cream [Daring]. Tautan: https://doktersehat.com/gaya-hidup/kulit-kecantikan/jangan-salah-inilah-perbedaan-antara-moisturizer-dan-day-cream/

banner-artikel
Tag:
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.