GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Perbedaan Sunscreen & Sunblock, Kenali Kegunaan Serta Cara Pemakaiannya Secara Tepat

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-20 Sep 2022
Perbedaan Sunscreen dan Sunblock Diricare

Tinggal di kawasan tropis, artinya perlu mengetahui cara jitu dalam melindungi kulit supaya tak terbakar sinar mentari. Kamu tentu mengenal dua jenis produk skincare yang kerap dianggap sama padahal berbeda, yaitu sunscreen dan sunblock. Sekilas, perbedaan sunscreen dan sunblock tampak samar karena keduanya sama-sama diformulasikan untuk meminimalisir paparan sinar UV pada kulit. Tetapi berdasarkan kegunaan, formulasi bahan, tekstur dan jenis, serta cara pemakaian, kedua produk tersebut berbeda secara signifikan. Untuk mengenal lebih jelas tentang apa itu sunscreen dan apa itu sunblock, simak penjelasan lengkap berikut ya.


Apa perbedaan sunscreen dan sunblock?

Cara melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB bisa dengan mengaplikasikan sunscreen. Sunscreen adalah pelindung kulit yang bertekstur losion dengan bahan aktif yang diformulasikan secara klinis untuk memfilter sinar ultraviolet sehingga tak berefek buruk pada kulit. Sunscreen lebih umum dipakai, meskipun sebagian kecil sinar matahari yang mengandung UV tetap bisa menembus tabir surya jenis ini.


Menurut dokter kulit yang berbasis di London, Cristina Psodomakis, kandungan kimia organik dalam sunscreen menyerap sinar UV kemudian mengubahnya menjadi panas yang kemudian dilepaskan dari kulit. Bahan kimia organik dalam sunscreen antara lain actyl, methoxycinnamate, octyl salicylate, dan ecamsule.


Sunblock, mengandung bahan mineral, seperti titanium diosida atau seng oksida sebagai perisai yang mem-block sinar UV sehingga tak sampai mempengaruhi kulit. Selain itu, perbedaan sunscreen dan sunblock dijelaskan pada poin-poin berikut.


Beda kegunaan antara sunscreen dan sunblock

Kegunaan sunscreen ialah melindungi kulit dengan terlebih dahulu menyerap sinar UV sebelum diserap oleh kulit. Bahan-bahan yang diformulasikan, memungkinkan untuk menerapkan fungsi secara optimal. Namun perlu kamu ketahui, bahwa masih ada kemungkinan sinar UV terserap oleh kulit. Faktor yang mempengaruhinya beragam, salah satunya cara pemakaian sunscreen yang tidak tepat.


Sedang mencari rekomendasi sunscreen yang bisa bekerja dengan baik untuk kulitmu? Di klinik Diri, Custom Sunscreen tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar UV tetapi juga diformulasikan mengandung niacinamide yang membantu mencerahkan dan memudarkan flek hitam. Itu artinya, perlindungan kulit dari sinar UV lapis dua. Pertama menyerap sinar UV sebelum terserap kulit. Jikapun terserap kulit, efek buruk dari paparan sinar UV diatasi dengan bahan aktif niacinamide.


Sunblock berguna dalam memantulkan sinar UV ketika diaplikasikan pada kulit. Teksturnya lebih kental jika dibandingkan dengan sunscreen. Tetapi penting kamu ketahui, bahwa penggunaan istilah sunblock tak lagi diijinkan oleh FDA (Food and Drug Administration) sejak tahun 2013 karena dianggap frasa yang memberi konsumen rasa aman ketika menghabiskan waktu lebih banyak di luar ruangan dan lebih berpotensi menimbulkan efek buruk pada kulit. Terang dokter kulit Adam Mamelak, seampuh dan tepatnya memakai sunblock, efek berbahaya dari radiasi ultraviolet tetap mengancam. Jadi, FDA menghapus istilah sunblock untuk label produk.


Cara pemakaian sunscreen dan sunblock

Karena sama-sama memberi efek perlindungan pada kulit terhadap sinar UV, banyak orang keliru dalam mengaplikasikan sunscreen dan sunblock. Padahal, keduanya memiliki metode perlindungan, formula, dan tekstur yang berbeda. Artinya perlu tahu betul cara pemakaian sunscreen dan sunblock supaya bekerja efektif melindungi kulit dari paparan ultraviolet.


Cara pemakaian sunscreen yaitu dengan sedikit digosok agar terserap sempurna pada kulit. Di samping itu, membutuhkan waktu agar terserap dan melindungi kulitmu dari paparan sinar UVA yang merusak kulit. Sedangkan cara pemakaian sunblock, wajib diaplikasikan secara merata pada kulit yang mungkin terpapar sinar UVB agar tak terbakar atau mengalami sunburn. Secara lebih detail, berikut penjelasan setiap tahapannya.


Cara pemakaian sunscreen

Idealnya, agar sunscreen terserap sempurna pada kulit, kamu perlu mengoleskan sunscreen 30 menit sebelum berada di bawah sinar matahari. Saat kamu berkeringat, berilah jeda dengan durasi yang sama supaya kemungkinan sunscreen menguap bersama keringat akan lebih kecil. Selain itu, sunscreen perlu diaplikasikan ulang setelah kamu berenang atau olahraga berat.


Cara mengaplikasikan sunscreen, pertama kocok kemasan dengan baik sebelum digunakan. Tujuannya agar bahan yang menggumpal di bawah tercampur sempurna. Kamu juga perlu tahu, umumnya terdapat dua jenis sunscreen, yaitu semprot dan bertekstur losion. Artinya kamu bisa memilih jenis mana yang sesuai.


Seberapa banyak kamu harus mengoleskan sunscreen agar bekerja optimal melindungi kulit, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Setidaknya, gunakan segenggam sunscreen losion untuk diaplikasikan ke seluruh tubuh, termasuk bagian punggung, bahu, belakang lutut, dan kaki.


Oleskan secara tebal dan menyeluruh di area kulit yang mungkin terpapar matahari. Oiya, kamu perlu hati-hati ketika mengaplikasikan sunscreen di sekitar mata. Untuk meminimalisir terkena mata, sebisa mungkin jangan mengaplikasikan sunscreen ke area yang terlalu dekat dengan mata ya.  


Tips untuk memilih produk sunscreen, kamu perlu memeriksa tingkat SPF. Disarankan untuk memilih sunscreen yang minimal mengandung SPF 15. Ditambah lagi, pertimbangkan merek tahan air jika akan berenang dan aktivitas yang berkeringat.


Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak atau rentan jerawatan, usahakan menggunakan sunscreen berbasis air. Kamu juga perlu memilih pelindung kulitmu yang berbahan aman, tidak menyengat, diformulasikan khusus untuk wajah, tidak mengandung para-aminobenzoic acid (PABA) jika kulitmu sensitif.


Cara pemakaian sunblock

Cara pemakaian sunblock, sebenarnya tak berbeda dengan pemakaian sunscreen. Seperti yang telah diterangkan di atas, istilah sunblock merujuk pada kandungan mineral. Dalam sunblock terkandung zinc oxide atau titanium dioxide yang berfungsi menjadi perisai dalam melindungi kulit dan memantulkan sinar UV, baik UVA maupun UVB.


Sebelum kamu mengaplikasikan, kamu perlu memilih jenis sunblock yang tepat untuk kulitmu. Untuk kamu yang tinggal di kawasan tropis, agar perlindungan mendapatkan penuh, gunakan sunblock dengan tingkat SPF yang memadai. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2018, menunjukkan bahwa SPF 100+ secara signifikan lebih efektif dalam melindungi sengatan matahari dibandingkan SPF 50+ pada 200 pria dan perempuan dalam kondisi sehat.


Oleh karena itu perlu memilih tingkat SPF yang tepat dan produk sunblock dengan spektrum luas, seperti melindungi kulit dari paparan UVA sekaligus UVB. Pilih yang tahan air, dan selanjutnya pakai dengan langkah yang tepat.


Cara pemakaian dimulai dari mengaplikasikan sunblock dengan lapisan yang tebal pada seluruh kulit yang terpapar matahari. Yayasan Kanker Kulit merekomendasikan gunakan segelas penuh sunblock untuk menutupi seluruh tubuh. Nah, untuk bagian wajah, oleskan terakhir setelah mengoleskan serum dan pelembap. Pastikan mengaplikasikan secara merata pada bagian tubuh setelah berpakaian agar tidak ada yang menempel pada pakaianmu. Pakai sunblock seenggaknya 15-30 menit sebelum kamu berjemur dan aplikasikan ulang setidaknya setiap dua jam atau setiap 90 menit.


Selain memakai sunscreen dan sunblock, untuk melindungi kulitmu, kamu perlu memakai pelindung lain. Misalnya topi bertepi lebar dan usahakan memilih tempat berteduh selama matahari sedang terik-teriknya.


Setelah mengetahui perbedaan sunscreen dan sunblock, mana yang lebih baik? Sunscreen dan sunblock memiliki kelebihan masing-masing, perlindungan optimal perlu disesuaikan dengan kondisi kulitmu. Untuk kamu yang bertipe kulit sensitif disarankan memakai sunblock. Tetapi lebih jauh lagi, jika memiliki kondisi kulit tertentu, seperti dermatitis, berminyak, mudah tumbuh jerawat, dan kulit sensitif, konsultasikan di klinik Diri sebelum memilih memakai sunscreen ataupun sunblock. Tim ahli dan dokter berpengalaman akan memberikan anjuran terpercaya dan formulasi skincare yang disesuaikan dengan kondisi kulitmu.


Referensi:

https://www.health.com/beauty/skincare/sunscreen-vs-sunblock

https://www.realsimple.com/beauty-fashion/skincare/suncare/sunscreen-vs-sunblock#:~:text=As%20Ashley%20Magovern%2C%20MD%2C%20a,sun's%20rays%20by%20reflecting%20them

https://www.verywellhealth.com/sunscreen-or-sunblock-514381

https://www.webmd.com/children/sunscreen-use-correctly#:~:text=As%20a%20rule%20of%20thumb,applying%20sunscreen%20around%20the%20eyes

https://www.prevention.com/beauty/skin-care/a36110027/how-to-apply-sunscreen-correctly

Tag:
sunscreen
sunblock
tips
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.