kecantikan kulit

Penyebab Wajah Kusam serta Tips & Cara agar Wajah Cerah serta Glowing

dr. Flora F.-05 Jun 2022
artikel wajah cerah glowing brightening diricare.com

Apakah kamu sering merasa kulitmu kusam? Kulit yang kusam dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu:


1. Dehidrasi

Ketika kamu kurang minum air, kulit akan mengalami dehidrasi dan menjadi kusam. Dianjurkan untuk minum air cukup dan mengaplikasikan skincare yang dapat menghidrasi dan melembapkan lapisan atas kulit sehingga lebih glowing.


2. Penumpukan sel kulit mati

Sel kulit mati sebetulnya dapat mengelupas dengan sendirinya, namun pada beberapa kondisi pengelupasan sel kulit mati tidak bisa berjalan maksimal dan dapat menumpuk pada permukaan kulitmu. Hal ini dapat menyebabkan kulit tampak kering, kusam, dan warnanya tidak merata. Kamu dapat menggunakan skincare yang membantu pengelupasan sel kulit mati.


3. Kebiasaan merokok

Zat yang terkandung dalam rokok dapat memicu penuaan dini. Rokok dapat mengganggu produksi kolagen dan merusak jaringan sehat di dalam kulit. Ia juga dapat menyebabkan stres pada sel kulit sehingga mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kulit kusam.


4. Penuaan

Penuaan dapat menyebabkan kulit menjadi kering karena sel kulit tidak dapat menarik kelembapan sebaik sebelumnya. Meskipun penuaan merupakan proses alami dari tubuh, namun kamu dapat mencegah penuaan dini sejak masih muda.


5. Paparan debu dan kotoran

Debu dan kotoran dari polusi udara dapat menjadi radikal bebas di kulitmu. Radikal bebas akan merusak kolagen dan merangsang terbentuknya pigmen secara berlebihan sehingga warna kulitmu akan menggelap dan teksturnya tidak rata. Kondisi ini akan membuat kulitmu tampak lebih kusam.


6. Stres dan kurang tidur

Stres dan kurang tidur menyebabkan hormon kortisol meningkat dan aliran darah ke area wajahmu berkurang. Nutrisi tidak bisa mencapai area wajah sehingga kelembapan akan menurun. Hal inilah yang menyebabkan kulitmu tampak kusam.


7. Paparan matahari

Paparan sinar UV yang berasal dari matahari dapat merangsang terbentuknya melanin sehingga warna kulitmu menjadi lebih gelap dan kusam.


Sebetulnya apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit kusam?


1. Gunakan skincare yang lembut. Hindari penggunaan scrub yang kasar atau menggosok wajah terlalu kencang karena dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah, dan terasa tertarik. Kulit juga akan terlihat kusam. Bila ingin membersihkan wajah dari make up dan kotoran tanpa mengiritasi kulit, kamu dapat menggunakan cleansing oil atau makeup remover lainnya sebelum mencuci muka dengan sabun.


2. Hindari air panas saat mencuci muka karena dapat mengiritasi dan membuat wajah memerah serta tampak kusam. Sebaiknya gunakanlah air yang hangat.


3. Lakukan eksfoliasi secara rutin untuk mendapatkan kulit yang cerah dan glowing. Mengingat penumpukan sel kulit mati adalah salah satu penyebab kulit yang kusam maka eksfoliasi rutin akan mencegah ini terjadi. Dengan eksfoliasi kamu dapat menghaluskan tekstur kulit, mengurangi munculnya kerutan halus, serta meratakan warna kulit. Setelah eksfoliasi, skincare juga dapat menyerap dengan lebih baik. Eksfoliasi terbagi menjadi dua cara yaitu secara mekanik dan secara kimiawi. Secara mekanik dapat menggunakan spons dan scrub, sedangkan secara kimiawi dapat menggunakan AHA (glycolic, mandelic, citric, dan lactic acid) dan BHA (salicylic acid).


4. Gunakan skincare yang mengandung bahan aktif pencerah, pelembap, dan antioksidan, misalnya vitamin C, niacinamide, kojic acid, hyaluronic acid, dan lain-lain. Beberapa kandungan ini dapat memudarkan hiperpigmentasi atau flek hitam dan dapat meratakan warna kulit. Hyaluronic acid dapat merangsang sel kulit mengikat air sehingga lebih lembap dan glowing.


5. Gunakan retinoid. Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang terbukti dapat merangsang pembentukan kolagen dan sel kulit baru. Retinoid dan turunannya (seperti retinol) akan membuang sel kulit mati sehingga sel kulit yang baru dapat terangkat ke permukaan. Ia juga dapat meratakan tekstur kulit sehingga akan memberikan efek glowing yang sehat.


6. Pertimbangkan melakukan treatment di klinik. Treatment seperti IPL, laser, peeling dapat membantu mencerahkan kulit serta memudarkan flek hitam. Tindakan ini juga dapat meratakan warna kulit dan membuat wajahmu lebih glowing.


7. Yang terpenting adalah menggunakan sunscreen. Sunscreen dapat mencegah kerusakan akibat sinar UV, seperti hiperpigmentasi, kusam, dan penuaan dini. Penggunaan sunscreen juga penting setelah kamu menggunakan skincare eksfoliasi, retinoid, atau treatment di klinik.


Setelah mempelajari berbagai cara mengatasi kusam di atas, kamu harus memahami bahwa penggunaan skincare exfoliasi atau retinoid secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Gunakan skincare secukupnya sesuai dengan anjuran pada kemasan. Apabila ragu akan kandungan yang sesuai untuk kondisi kulitmu, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim dokter Diri dan mendapat resep yang terbaik bagimu.

Tag:
cerah
glowing
kusam
solusi
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.