GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Urutan Basic Skincare untuk Remaja, Kulit Rentan Jerawatan? Wajib Lakukan Rutin!

Ditinjau oleh dr. Nila-03 Okt 2022
Urutan basic skincare untuk remaja

Perawatan kulit wajah bagi remaja wajib dilakukan. Sebab pada masa pubertas, terjadi perubahan yang signifikan seperti perubahan hormonal hingga perubahan fisik. Kedua perubahan ini mempengaruhi penampilan kulit. Kalau tidak dirawat secara tepat, bisa rentan berjerawat hingga kulit tampak kusam. Mengingat hal tersebut, remaja perlu rutin mengaplikasikan basic skincare. Basic skincare apa saja yang diperlukan pada usia puber ini? Yuk, perhatikan penjelasan di bawah ini dengan seksama.


Basic skincare untuk remaja

Masalah kulit wajah yang umumnya dialami remaja ialah rentan jerawatan. Pemicu utama dari muka jerawatan, ialah kebiasaan sehari-hari yang keliru dan lonjakan hormon. Kalau jenis jerawat, ada banyak seperti komedo putih, jerawat kistik, dan komedo hitam di zona T. Perawatan wajah paling mendasar sendiri sebenarnya tidak selalu basic skincare untuk kulit berjerawat. Tetapi perawatan rutin yang perlu dilakukan sehari-hari, berguna untuk menjaga kulit wajah tetap sehat, dan kandungannya cocok untuk kulitmu. Basic skincare untuk remaja, bisa mengaplikasikan perawatan dengan tujuan berikut ini.


1.  Pembersihan kulit wajah

Remaja mungkin senang bereksplorasi mencoba-coba riasan. Pada usia ini juga lebih banyak aktivitas hingga keluar larut malam. Semua hal tersebut dapat merusak kulit kalau tidak membersihkan secara rutin. Ahli bedah kulit, dokter Satish Bhatia, menyarankan pembersihan secara menyeluruh pada malam hari. Bisa juga menambahkan frekuensi membersihkan muka pada siang hari setelah menjalani aktivitas di luar ruangan atau olahraga yang memicu banyak keringat.


2.  Menjaga kelembaban kulit

Bagi kamu yang bertipe kulit berminyak apalagi kulit kering, kelembaban kulit wajib dijaga. Buat para remaja, penting untuk memilih pelembab dengan label non-comedogenic dengan formula ringan. Perlu rekomendasi pelembab kulit yang sesuai dengan tipe kulitmu, konsultasikan secara gratis di klinik Diri. Dokter kulit berpengalaman dan tim ahli akan membuat formula skincare untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan kulit belang. Untuk menjaga kelembaban kulit, tidak hanya krim pelembab yang bisa kamu pilih untuk kulitmu. Serum dengan kandungan vitamin C, vitamin B5, dan kandungan antioksidan lainnya dapat menjaga kulit terhidrasi cukup.


3.  Pakai pelindung kulit

Kulit harus aman terlindungi saat kamu beraktivitas di luar ruangan. Pertama, kamu wajib mengaplikasikan tabir surya dengan kandungan SPF. Tabir surya dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Menurut dokter Bhatia, remaja boleh memakai tabir surya dengan spektrum luas. Agar bekerja optimal dalam melindungi kulitmu, aplikasikan sesuai anjuran pemakaian ya. Biasanya, tabir surya perlu diaplikasikan ulang setiap dua jam sekali terutama ketika kamu berjemur di bawah matahari.


4.  Batasi eksfoliasi dengan bahan kimia

Pada usia remaja, perawatan kulit yang berat wajib dibatasi. Alasannya, perawatan kulit berat seperti eksfoliasi dengan bahan kimia bertujuan spesifik. Seperti mendorong produksi kolagen, elastin, dan mengencangkan kulit bawah mata, seluruh wajah, hingga leher. Karena usia remaja semua masih bekerja dengan baik, maka pertimbangkan matang bahan aktif yang terkandung dalam skincare yang bersifat mengelupas kulit. Menurut dokter kulit Geetika Mittal Gupta, eksfoliasi berlebihan dengan bahan kimia dapat mengiritasi kulit yang masih remaja. Selain itu juga bisa memperburuk jerawat dan menyebabkan alergi sejak usia dini. Bahkan efek jangka panjangnya bisa merusak skin barrier. Karena saking banyaknya rekomendasi skincare buat remaja, penting untuk memilih skincare yang personalized. Artinya, basic skincare untuk remaja perlu disesuaikan dengan kebutuhan tanpa mencoba-coba produk baru yang belum tentu cocok untuk kulitmu. Selanjutnya, setelah mengetahui basic skincare apa saja untuk remaja atau secara umum, kamu perlu mengaplikasikan skincare berdasarkan urutan. Mengapa perlu dilakukan berurutan? Cek penjelasan ini ya.


Urutan basic skincare

Dermatolog menyarankan untuk mengaplikasikan skincare dari yang paling ringan terlebih dahulu. Setelah itu baru mengaplikasikan skincare yang lebih tebal. Misalnya, kalau kamu mengaplikasikan serum setelah pelembab, maka serum tidak akan menembus lapisan pelembab dan tidak optimal. Demikian pula ketika kamu rutin mengaplikasikan basic skincare, pakai yang lebih ringan dahulu baru yang lebih kompleks kandungannya. Kemudian ikuti urutan basic skincare berikut ini agar kesehatan kulitmu tetap terjaga.


1.  Memakai pembersih kulit

Sebelum kamu memakai produk skincare, kulit harus benar-benar bersih. Ketika kulit bebas dari minyak dan kotoran, produk selanjutnya bisa kamu aplikasikan. Tujuan membersihkan kulit pada pagi hari, agar basic skincare yang kamu pakai setelahnya dapat diserap dengan baik oleh kulit. Nah, ketika mencuci muka usahakan secara lembut ya. Pembersih muka untuk kulit kering, direkomendasikan yang tidak berbusa dan berbahan lembut. Sedangkan untuk kulit berminyak, hindari pembersih muka mengandung bahan yang terlalu mengupas kulit. Bahan yang perlu dihindari kulit berminyak, antara lain sulfat, tanah liat, dan arang. Kulit sensitif dan berjerawat, pakai pembersih yang lembut yang dapat meminimalkan iritasi serta peradangan. Pilih juga bahan yang menenangkan, seperti lidah buaya, niacinamide, ataupun oatmeal.


2.  Toner wajah

Toner diaplikasikan setelah kamu mencuci muka. Tujuannya bukan untuk mengangkat kotoran ataupun sisa keringat. Tetapi hanya membantu mempersiapkan kulitmu menerima bahan-bahan skincare yang akan kamu pakai selanjutnya. Penting untuk dijadikan pertimbangan, pilih toner berbasis air. Hindari toner yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulitmu berminyak. Untuk kulit berjerawat dan berminyak, pilih toner dengan kandungan BHA atau AHA yang bekerja efektif membuka pori-pori, mencegah jerawat, dan mengurangi komedo.


3.  Aplikasikan pelembab

Seperti yang telah dijelaskan di atas, serum perlu diaplikasikan sebelum pelembab. Tetapi menurut dermatolog, serum sebagai basic skincare untuk remaja bersifat opsional. Serum pada dasarnya adalah suntikan nutrisi tambahan untuk kulit. Kalau kulitmu tak membutuhkannya, kamu bisa melewati mengaplikasikan serum. Kelembaban kulit dibutuhkan oleh semua kulit, termasuk pada usia remaja. Terdapat dua jenis pelembab, yaitu bersifat humektan dan oklusif. Pelembab humektan mengikat air dari udara dan lapisan dalam kulit kemudian dibawa ke permukaan kulit. Sedangkan pelembap oklusif mencegah hilangnya air di permukaan. Mana yang lebih baik dimasukkan dalam basic skincare untuk remaja? Ini tergantung tipe kulitmu ya. Kalau kulitmu berminyak atau normal, pilih pelembab yang bersifat humektan. Untuk kulit kering, pilih pelembab oklusif. Perlu diingat, pelembab harus diterapkan setiap hari terlepas dari jenis kulitmu. Lantas apakah ada pelembab yang diformulasi untuk kulit berjerawat? Tentu saja ada, tetapi kamu wajib mendapatkan basic skincare yang personalized dan bisa kamu dapatkan setelah konsultasi pada dokter kulit berpengalaman di klinik Diri.


4.  Tabir surya

Meskipun mendung, kamu wajib memakai tabir surya setiap harinya sebelum beraktivitas dan setelah mengaplikasikan pelembab. Pilih tabir surya dengan spektrum luas untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit, menunda tanda-tanda penuaan, menghindari pigmentasi, dan membuat kulitmu jauh dari kusam.

Tabir surya untuk remaja, pilih yang berbasis mineral dengan seng dan titanium oksida. Dua kandungan tersebut tidak hanya menghalangi sinar UV menembus kulit tetapi juga ringan untuk kulitmu. Keempat basic skincare di atas wajib kamu pakai sebelum beraktivitas. Setelah beraktivitas, jangan lupa untuk membersihkan wajah agar kotoran yang menempel, sisa keringat, dan sel kulit mati terangkat. Kalau kamu bingung mendapatkan skincare yang personalized dengan tipe kulitmu, tenang. Klik untuk konsultasi gratis ke dokter kulit berpengalaman di klinik Diri agar mendapatkan rekomendasi skincare terbaik untuk kulitmu.

 

Sumber:

https://www.vogue.in/beauty/content/5-things-every-teenager-should-know-about-their-skincare-routine

https://zelenlife.com/skin-care-teen/

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a25372431/what-order-to-apply-skincare-products/


Tag:
tips
solusi
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.