GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

10 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari dan Gejalanya

Ditinjau oleh dr. Intan-06 Nov 2023
cara mengatasi kulit terbakar karena matahari

Pasti kamu juga merasakan kan cuaca yang panas akhir-akhir ini? Yup, cuaca ekstrim di berbagai belahan dunia memang cukup mengkhawatirkan. Selain membuat kekeringan, kebakaran hutan, cuaca panas ini juga bisa mengakibatkan kulit terbakar matahari.


Kulit terbakar matahari atau yang dikenal dengan istilah sunburn merupakan kondisi yang terjadi akibat paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari secara berlebihan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan kulit yang kemerahan dan panas hingga terasa perih. Bagi kamu yang sepertinya sedang mengalami kulit terbakar matahari, simak cara mengatasi serta gejala yang mungkin dialami berikut ini.


Gejala Kulit Terbakar Matahari

Gejala yang bisa kamu rasakan akan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan. Berikut adalah beberapa gejala umumnya.


1. Kemerahan

Salah satu tanda pertama dari kulit terbakar matahari adalah kulit yang menjadi merah dan teriritasi. Kemerahan dapat berkembang dalam beberapa jam setelah paparan matahari dan akan mencapai tingkat keparahan tertentu.


2. Panas dan Sensasi Terbakar

Kulit yang terbakar matahari biasanya terasa panas, gatal, dan terbakar. Sensasi ini dapat membuat kulit sangat tidak nyaman.


3. Pembengkakan

Kulit yang terbakar seringkali mengalami pembengkakan terutama jika kerusakan kulit cukup parah. Kulit juga akan terasa lebih tebal dan bengkak.


4. Nyeri dan Ketidaknyamanan

Kulit yang terbakar matahari seringkali disertai rasa nyeri dan ketidaknyamanan. Ini dapat menjadi sangat mengganggu, terutama saat bersentuhan dengan pakaian atau benda-benda lainnya.


5. Pecah-pecah atau Mengelupas

Setelah beberapa hari, kulit yang terbakar matahari dapat mulai mengelupas atau pecah-pecah. Proses ini merupakan upaya tubuh untuk menggantikan sel-sel kulit yang rusak.


6. Blister atau Bintil

Dalam kasus yang lebih parah, kulit terbakar matahari dapat menghasilkan gelembung berisi cairan yang dikenal sebagai blister. Ini adalah tanda kerusakan kulit yang serius dan berpotensi rentan terhadap infeksi.


7. Lemah dan Kelelahan

Paparan matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan pada tubuh yang mungkin disertai dengan gejala flu ringan.


Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Bagaimana cara mengatasi kulit terbakar matahari? Yuk, simak beberapa diantaranya.


1. Dinginkan Kulit

Setelah terbakar matahari, kulit kamu mungkin merasa panas dan meradang. Mandi dengan air dingin atau kompres dingin dapat membantu meredakan sensasi panas dan mengurangi peradangan. Air dingin membantu menghilangkan rasa panas. Hindari penggunaan air panas karena dapat memperparah peradangan.



Namun kamu juga tidak dianjurkan untuk menggunakan es dengan cara menempelkannya secara langsung pada kulit yang terbakar. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit yang ekstra sensitif.


2. Minum Air

Kulit yang terbakar matahari dapat menguras cairan dari tubuh. Penting untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan minum air dalam jumlah yang cukup. Ini membantu mengatasi dehidrasi dan mendukung proses penyembuhan. Minum air setidaknya delapan gelas sehari untuk menjaga hidrasi dalam tubuh khususnya kulit.


3. Gunakan Pelembap

Kulit yang terbakar cenderung kering dan pecah-pecah. Gunakan pelembap bebas alkohol, pewangi, pewarna, atau minyak untuk menjaga kulit tetap lembap. Pelembap yang mengandung aloe  vera atau lidah buaya dapat memberikan efek menenangkan pada kulit yang terbakar. Rutin menggunakan pelembap akan mencegah kulit mengelupas dan semakin parah.


4. Hindari Paparan Matahari Lanjutan

Kulit yang terbakar perlu waktu untuk pulih. Hindari paparan sinar matahari langsung selama beberapa hari setelah terbakar. Kenakan pakaian yang melindungi kulit dan topi dengan tepi lebar untuk melindungi wajah. Hindari pakaian yang ketat untuk memberikan kulit ruang untuk bernafas sehingga kulit bisa sembuh lebih cepat. Gunakan pakaian dengan serat alami seperti katun.


5. Gunakan Krim atau Gel dengan Aloe Vera

Produk perawatan kulit yang mengandung aloe vera dapat membantu meredakan peradangan dan memberikan sensasi dingin pada kulit terbakar. Aloe vera mengandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin C, dan vitamin E yang tinggi sehingga memiliki sifat anti inflamasi alami.


6. Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Produk perawatan kulit yang mengandung alkohol dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan memperparah iritasi. Sebaiknya hindari produk dengan kandungan tersebut selama kamu dalam proses pemulihan.


7. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Jika kulit terbakar sangat parah dan kamu merasa nyeri, obat pereda nyeri non-resep seperti ibuprofen atau aspirin dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan. Pastikan untuk mengikuti dosis yang direkomendasikan pada kemasan. Ada juga beberapa obat pereda nyeri seperti gel yang dioleskan ke kulit.


8. Hindari Mengelupas Kulit

Meskipun kulit yang terbakar mungkin mengelupas, hindari pemarutan atau mengupas kulit tersebut. Ini dapat meningkatkan risiko infeksi dan memperlambat proses penyembuhan. Biarkan kulit terkelupas dengan sendirinya.


9. Gunakan Cuka

Penggunaan cuka juga bisa mengatasi kondisi kulit yang terbakar matahari loh. Kamu bisa menambahkan dua cangkir cuka ke dalam air mandi dingin untuk membantu menghilangkan rasa sakit dari luka bakar.


10. Gunakan Tabir Surya di Masa Depan

Pencegahan adalah langkah terbaik untuk menghindari kulit terbakar matahari. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup saat berada di bawah sinar matahari. Kenakan pakaian pelindung dan hindari paparan sinar matahari berlebihan terutama pada puncak intensitasnya antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Upaya ini akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.


Itulah tadi pembahasan lengkap seputar cara mengatasi kulit terbakar matahari hingga gejala yang mungkin terjadi. Apakah kamu sedang mengalaminya? Untuk mendapatkan perawatan terbaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli di Klinik Diri. Mereka dapat membantu mendiagnosis dan memberikan pengobatan yang sesuai.


 

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2020/10/13/150300468/11-cara-mengatasi-kulit-terbakar-matahari-secara-alami-dan-dengan-bantuan?page=all

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-mengatasi-kulit-terbakar-matahari

banner-artikel
Tag:
solusi
tips
tekstur kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.